• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS III SDN KARANGSARI 01 KAB. LUMAJANG TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Dwinanda Hayuningtyas_001.pdf (165.6Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Dwinanda Hayuningtyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran, sebagai seorang guru sekolah dasar di suatu sekolah, kita akan selalu dan terlibat dalam pembelajaran matematika di sekolah. Keterlibatan ini menjadikan pembelajaran matematika begitu penting untuk diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali mereka dengan kemampuan berfikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta kemampuan bekerjasama. Kenyataan yang sering terjadi, banyak orang yang tidak menyukai matematika, termasuk anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Mereka menganggap bahwa matematika sulit dipelajari, soal yang diberikan terlalu banyak serta ada yang menyatakan bahwa gurunya tidak menyenangkan dan galak. Anggapan ini menyebabkan mereka semakin takut untuk belajar matematika. Selain itu, sikap seperti ini pasti akan mengurangi perhatian peserta didik selama mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru. Penerapan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media kartu bergambar dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan membantu siswa dalam memahami materi perkalian melalui belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian siswa kelas III SDN Karangsari 01 Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2010-2011; (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian siswa kelas III SDN karangsari 01 Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2010-2011; (3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa kelas III SDN Karangsari 01 Kabupaten Lumajang setelah pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian Tahun Ajaran 2010-2011. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian siswa kelas III SDN Karangsari 01 Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2010-2011; (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian siswa kelas III SDN Karangsari 01 Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2010-2011; (3) Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian siswa kelas III SDN Karangsari 01 Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2010-2011. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangsari 01 kelas III yang terdiri 34 siswa, 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis terdiri dari: aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa, berturut-turut menggunakan rumus: Pg = 𝑔𝑔 𝑀𝑀 𝑥𝑥 100% , Pa = 𝐴𝐴 𝑁𝑁 𝑥𝑥 100% Pdan P = 𝑛𝑛 𝑁𝑁 𝑥𝑥 100% Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 10 Desember 2010 sampai dengan 18 Desember 2010. Data yang dikumpulkan yaitu penilaian aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes individu. Siklus I pertemuan 1, aktivitas guru mencapai 61,11%, aktivitas siswa mencapai 55,88%. Siklus I pertemuan 2, aktivitas guru mencapai 72,22%, aktivitas siswa mencapai 61,76%. Siklus II pertemuan 1, aktivitas guru mencapai 83,33%, aktivitas siswa mencapai 76,47%. Siklus II pertemuan 2, aktivitas guru mencapai 94 44%, aktivitas siswa mencapai 88,24%. Analisis hasil Pre Tes 44,11%, Siklus I pertemuan 1 mencapai 64,71%, Siklus I pertemuan 2 mencapai 70,59%, Sedangkan pada Siklus II pertemuan 1 79,41% dan pada Siklus II pertemuan 2 telah mencapai 85,29%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi perkalian. Penerapan pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta saling bekerja sama sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa. .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13362
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository