Show simple item record

dc.contributor.authorDINIAS MINATA SARI
dc.date.accessioned2013-12-27T03:32:38Z
dc.date.available2013-12-27T03:32:38Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210204109
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13352
dc.description.abstractKenyataan di SDN Glagahwero 02 menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA lebih sering menggunakan model konvesional/ceramah, jarang menggunakan media belajar dan berpusat pada guru pada setiap pembelajaran yang diterapkan. Hal tersebut menyebabkan siswa pasif dalam pembelajaran, sehingga menyebabkan siswa kurang bertanggungjawab atas tugas belajarnya. Oleh karena itu guru dituntut untuk dapat menerapkan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam menerima materi pelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif adalah pembelajaran kooperatif dan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan akademik adalah tipe STAD (Student Team Achivicement Divisions) dengan media realita. Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD media realita dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan membantu siswa dalam memahami materi Fungsi Bagian-Bagian Tumbuhan melalui belajar secara berkelompok dan penggunaan media realita menunjang keberhasilan pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SDN Glagahwero 02 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 44 siswa, terdiri dari 19 orang siswa laki-laki dan 25 orang siswa perempuan. Dengan 13 siswa berkemampuan akademik tinggi, 19 berkemampuan sedang, dan 12 rendah. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 19 November sampai 03 Desember 2010. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa dan skor tes. Hasil penilaian pada tindakan pendahuluan, aktivitas siswa mencapai 52,3% (kriteria aktif) dengan 3 siswa yang tergolong sangat aktif, 20 siswa yang tergolong aktif dan 21 siswa yang tergolong kurang aktif. Untuk siklus I pertemuan 1, aktivitas siswa mencapai 61,36% (kriteria aktif) dengan 6 siswa yang tergolong sangat aktif, 21 siswa yang tergolong aktif dan 17 siswa yang tergolong kurang aktif. Untuk pertemuan 2, aktivitas siswa mencapai 70,45% (kriteria aktif) dengan 8 siswa yang tergolong sangat aktif, 23 siswa yang tergolong aktif dan 13 siswa yang tergolong kurang aktif. Siklus II pertemuan 1, aktivitas siswa mencapai 81,81% (kriteria sangat aktif) dengan 13 siswa yang tergolong sangat aktif, 23 siswa yang tergolong aktif dan 8 siswa yang tergolong kurang aktif. Untuk pertemuan 2, aktivitas siswa mencapai 90,90 (kriteria sangat aktif) dengan 19 siswa yang tergolong sangat aktif, 21 siswa yang tergolong aktif dan 4 siswa yang tergolong kurang aktif. Analisis hasil tes akhir siklus I mencapai 70,45% dengan rata-rata skor 64,72 (kriteria tuntas) dengan 31 siswa tergolong tuntas dan 13 siswa tidak tuntas. Tes akhir siklus II mencapai 88,63% dengan rata-rata skor 80,70 (kriteria tuntas) dengan 39 siswa tergolong tuntas dan 5 siswa tidak tuntas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1). penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media realita sub pokok bahasan Fungsi Bagian-Bagian Tumbuhan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi dan bekerja sama sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa; 2). pembelajaran dengan model STAD dengan media realita dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204109;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STADen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA REALITA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GLAGAHWERO 02 KALISAT TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record