Show simple item record

dc.contributor.authorIndah Syurya Ningsih
dc.date.accessioned2013-12-27T03:29:27Z
dc.date.available2013-12-27T03:29:27Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13344
dc.description.abstractBerdasarkan kurikulum yang diterapkan saat ini yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menuntut siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran di kelas diharapkan dapat mengaktifkan dan mengembangkan nalar siswa dalam belajar matematika. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba menggunakan pembelajaran berstandar NCTM untuk mengaktifkan dan mengembangkan nalar siswa melalui empat komponen NCTM yaitu tugas, wacana, lingkungan, dan analisis. Perangkat pembelajaran adalah sekumpulan sumber belajar yang memungkinkan siswa dan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran (Hobri, 2010: 31). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran berstandar NCTM pada materi trigonometri berupa silabus, RPP, LKS, THB, dan Buku Siswa serta mengetahui kelayakan dan hasil uji coba perangkat pembelajaran tersebut. Model pengembangan perangkat yang digunakan beracuan pada model Thiagarajan dimulai dengan menetapkan kebutuhan pembelajaran, yaitu telaah karakteristik siswa, konsep yang akan diajarkan, tugas belajar yang akan diberikan, dan tujuan pembelajaran. Proses pengembangan dilanjutkan dengan merancang prototipe (Draft I) perangkat pembelajaran yang dimulai dengan merancang alat evaluasi dan memilih media serta format pembelajaran. Proses pengembangan selanjutnya adalah validasi serta uji coba perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut Draft II yang layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya disebut draft III (produk). viii Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas silabus, RPP, LKS, THB, dan Buku Siswa berturut-turut adalah 0,83; 0,89; 0,87; 0,87; dan 0,84. Perangkat tersebut dikatakan valid atau layak karena skor atau koefisien validitasnya lebih dari 0,60 yang berarti koefisien validitas tinggi atau sangat tinggi. Hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama sampai pertemuan keempat, berturut-turut adalah 88,89%, 87,04%, 92,59%, dan 98,15%. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan. Tingkat efektifitas perangkat pembelajaran diperoleh dari rekapitulasi hasil persentase aktivitas siswa, angket respon siswa, dan Tes Hasil Belajar. Dari hasil aktivitas siswa, diperoleh persentase 9 aktivitas siswa selama pembelajaran pada pertemuan pertama sampai pertemuan keempat adalah antara 10% – 20%, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa yang diamati selama pembelajaran dikatakan baik. Sedangkan dari analisis angket yang telah diisi oleh 36 siswa diperoleh bahwa ˃ 80% siswa menunjukkan respon/hasil positif terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran berstandar NCTM. Berdasarkan hasil analisis validitas butir soal THB, keseluruhan perangkat THB dikatakan valid atau dapat mengukur dengan tepat tujuan pembelajaran yang diterapkan. Hasil analisis reliabilitas THB diperoleh nilai  = 0,98 dengan kategori “sangat tinggi”. Dengan demikian, instrumen THB tersebut dapat dikatakan reliabel artinya memiliki keajegan yang sangat tinggi untuk digunakan sebagai alat penilaian hasil belajar siswa. Hasil analisis nilai THB terhadap 36 siswa di kelas X – 6, 91,67% siswa (33 siswa) mendapat nilai di atas 60 dan hanya 8,33% siswa (3 siswa) mendapat nilai di bawah 60. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dapat memahami materi yang telah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berstandar NCTM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berstandar NCTM materi trigonometri ini dikatakan baik karena telah memenuhi standar rata-rata ketuntasan hasil belajar dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan valid, efektif, dan efisien.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0902101010;
dc.subjectPengembangan Perangkat Pembelajaran Matematikaen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X SMA Berstandar NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). Indah Syurya Ningsih; 0902101010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record