OPTIMASI PENAMPANG JEMBATAN RANGKA BAJA TIPE WARREN TRUSS DITINJAU DARI VARIASI TINGGI RANGKA
Abstract
Jembatan rangka baja banyak digunakan sebagai prasarana transportasi
melintasi sungai untuk bentang 40 - 60 m. Dari sekian banyak tipe jembatan rangka
yang ada, jembatan rangka tipe warren merupakan tipe yang lebih umum digunakan.
Warren truss adalah tipe jembatan rangka dengan rangka utamanya berbentuk
trapesium dari serangkaian segitiga. Penggunaan ukuran trave rangka warren ini baik
pada tinggi dan bentang rangkanya umumnya sama pada bentang jembatan yang
berbeda. Banyak penelitian optimasi rangka batang yang dilakukan untuk
mendapatkan model rangka yang optimum karena model rangka erat kaitannya
dengan minimalisasi gaya batang. Sehingga untuk menghasilkan model rangka yang
optimum, ukuran trave rangka pada bentang yang berbeda seharusnya tidaklah sama.
Beberapa pustaka menyatakan bahwa tinggi rangka batang merupakan variabel
penting dalam meminimumkan volume material, oleh karena itu pengoptimasian
jembatan rangka tipe warren akan dilakukan melalui variasi tinggi rangkanya. Tujuan
dari perencanaan ini adalah untuk mendapatkan volume minimum jembatan tipe
warren truss melalui variasi tingginya, tinggi yang memberikan volume minimum
jembatan dengan beban yang bekerja dapat dipikul secara aman dan perpindahan
yang terjadi masih dalam batas-batas yang disyaratkan tanpa mengubah topologi
jembatan.
Perencanaan dilakukan pada tiga jembatan, jembatan tipe A40, A50 dan
A60. Proses pengoptimasian ketiga jembatan adalah sama. Optimasi jembatan
diperoleh dari hasil perbandingan berat dan volume gelagar jembatan dari variasi
tinggi. Variasi tinggi dimulai pada tinggi minimum jembatan (6.0 m) sampai tinggi
maksimum jembatan (12.0 m) dengan penambahan tinggi rangka jembatan per 0.5 m.
Kemudian didapatkan tinggi optimum (t
) yang memberikan volume dan berat
gelagar jembatan paling minimum. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimum,
dilakukan optimasi tahap kedua dengan variasi tinggi per 0.1 m pada interval
terjadinya tinggi optimum (t
1
1
). Spesifikasi teknis jembatan rangka baja mengacu pada
SE Dirjen Bina Marga tentang Petunjuk Teknis Desain Struktur Rangka Baja di
Lingkungan Direktorat Jenderal Bina Marga, pembebanan jembatan mengacu pada
RSNI T-02-2005, desain komponen jembatan mengacu pada RSNI T-03-2005 dan
analisa struktur menggunakan program bantu SAP 2000 .10.
Tiga jembatan yang direncanakan memberikan hasil sebagai berikut. Untuk
jembatan tipe A40 didapatkan tinggi optimumnya adalah 6.20 m dengan berat gelagar
jembatan sebesar 51,424.71 Kg dan volume gelagar jembatan sebesar 6.55 m
,
jembatan tipe A50 didapatkan tinggi optimumnya adalah 6.90 m dengan berat gelagar
jembatan sebesar 87,433.09 Kg dan volume gelagar jembatan sebesar 11.14 m
dan
jembatan tipe A60 didapatkan tinggi optimumnya adalah 6.80 m dengan berat gelagar
jembatan sebesar 142,391.25 Kg dan volume gelagar jembatan sebesar 18.15 m
.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]