• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN FASE-FASE PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS LAYANG-LAYANG DAN TRAPESIUM PADA SISWA KELAS V SDN TEGALSARI 03 AMBULU JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Diah Anggraini Purwaningsih_080210204202_001.pdf (91.56Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Diah Anggraini Purwaningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengenalan geometri di SD mempunyai tujuan untuk memberi kesempatan pada siswa untuk menganalisis lebih jauh tentang dunia tempat hidupnya, serta memberikan landasan sejak dini berupa konsep-konsep dasar dan peristilahan yang diperlukan untuk meningkatkan hasil belajarnya. Penerapan fase-fase pembelajaran Van Hiele pada materi geometri sesuai dengan perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri karena fase-fase pembelajaran Van Hiele menunjukkan aktivitas siswa pada setiap fase dan peran guru dalam pembelajaran. Menurut teori Van Hiele anak akan melalui lima tingkatan pemahaman dalam belajar geometri. Lima tingkatan tersebut adalah tingkat 0 (Visualisasi/Pemahaman), tingkat 1 (Analisis/Deskriptif), tingkat 2 (Deduksi Informal/Abstraksi), tingkat 3 (Deduksi), tingkat 4 (Rigor). Untuk menguasai suatu tingkat ke tingkat berikutnya, Van Hiele mengusulkan lima fase pembelajaran yang menunjukkan tujuan belajar siswa dan peran guru dalam pembelajaran, diantaranya yaitu fase informasi, fase orientasi, fase eksplisitasi, fase orientasi bebas, fase integrasi. Berdasarkan uraian di atas, tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan fase-fase pembelajaran Van Hiele pada materi luas layang-layang dan trapesium, (2) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Tegalsari 03 semester gasal tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 30 anak yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan model Hopkins yaitu model skema yang terdiri dari empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: metode wawancara, metode observasi dan metode tes. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar berdasarkan skor siswa pada tahap prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Berdasarkan hasil analisis, aktivitas siswa secara klasikal selama pembelajaran berlangsung pada komponen bertanya terjadi penurunan persentase dari siklus 1 sebesar 37% pada siklus 2 menjadi sebesar 36%. Pada komponen aktivitas membuat model dan inkuri terjadi peningkatan dari siklus 1 sebesar 71% pada siklus 2 menjadi sebesar 79%. Pada komponen kontribusi siswa terjadi peningkatan dari siklus 1 sebesar 80% pada siklus 2 menjadi sebesar 82% dan pada komponen refleksi menurun dari siklus 1 sebesar 75% pada siklus 2 menjadi sebesar 73%. Analisis aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung mengalami peningkatan, pada siklus 1 sebesar 85% menjadi sebesar 94% pada siklus 2. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dapat dilihat berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada tahap prasiklus sebesar 30% siswa memiliki pengetahuan dasar yang baik mengenai materi luas layang-layang dan trapesium, sedangkan pada siklus 1 sebesar 53% dengan 16 siswa dari 30 siswa dinyatakan tuntas belajar. Pada siklus 2 siswa yang dinyatakan tuntas belajar mengalami peningkatan menjadi sebesar 80% dengan 24 siswa dari 30 siswa dinyatakan tuntas belajar. Dengan demikian secara umum penerapan fase-fase pembelajaran Van Hiele pada materi luas layang-layang dan trapesium pada siswa kelas V SDN Tegalsari 03 Ambulu dianggap berhasil karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13324
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository