• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN TEKNIK BERCERITA BERPASANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM POKOK BAHASAN HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP DI SMP ISLAM AN-NUR RAMBIPUJI JEMBER TAHUN AJARAN 2010/ 2011

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (296.4Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Warokoh Ibnu Noval
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik bercerita berpasangan pada pokok bahasan himpunan berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari siswa maupun guru bidang studi matematika. Namun ditemukan kendala yaitu aktivitas perhatian siswa dalam pelajaran, aktivitas siswa dalam bertanya, dan aktivitas siswa dalam berpresentasi di depan kelas. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru memberikan perhatian dan bimbingan kepada semua siswa maupun kelompok agar siswa memperhatikan penjelasan guru sehingga membuat suasana kelas menjadi lebih baik dan memberikan motivasi kepada siswa untuk giat berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran kooperatif dengan teknik bercerita berpasangan sehingga mampu merangsang siswa untuk aktif bertanya baik kepada guru pada saat menjelaskan materi di depan, teman sebagai pasangan maupun dalam satu kelompok. Pada siklus I persentase aktivitas guru mencapai 87,10% dan siklus II mencapai 93,55% . Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II. Demikian juga dengan aktivitas siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas perhatian terhadap pelajaran sebesar 78,33% dan siklus II sebesar 84,16% atau mengalami peningkatan sebesar 5,83%; aktivitas bertanya pada siklus I mencapai 64,17% dan siklus II mencapai 70,83% atau meningkat 6,66%; aktivitas berdiskusi bercerita berpasangan pada siklus I mencapai 82,50% dan siklus II mencapai 88,33% sehingga mencapai peningkatan sebesar 5,83%; aktivitas kerjasama dalam satu kelompok pada siklus I sebesar 85% dan pada siklus II mencapai 91,67% sehingga mengalami peningkatan sebesar 6,67%; aktivitas presentasi pada siklus I sebesar 69,17% dan siklus II sebesar 76,67% atau mengalami peningkatan sebesar 7,5%. Begitu juga aktivitas guru pada siklus I sebesar 87,10% dan siklus II sebesar 93,55% sehingga mengalami peningkatan sebesar 6,45%. Ketuntasan belajar secara klasikal siswa kelas VII SMP Islam An-Nur Rambipuji Jember tahun ajaran 2010/2011 pada semester genap setelah mengikuti pembelajaran kooperatif dengan teknik bercerita berpasangan meningkat. Pada siklus I ketetuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 79,31%, sedangkan pada siklus II diperoleh 89,65%. Pembelajaran kooperatif dengan teknik bercerita berpasangan pada siklus I maupun siklus II dapat dikatakan tuntas Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik bercerita berpasangan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Islam Rambipuji Jember pada pokok bahasan himpunan. .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13313
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository