• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bilingual Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction) Pada Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi Kelas VII

    Thumbnail
    View/Open
    Evi Rahmawati - 080210101005_1.pdf (118.6Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Evi Rahmawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Untuk menyikapi ketrampilan berpikir dan memecahkan masalah peserta didik di Indonesia belum begitu membudaya maka perlu dilakukan upaya pembelajaran berdasarkan teori konstruktivisme. Selain itu, dalam mempelajari geometri, siswa masih kesulitan untuk menghubungkan sifat-sifat antarbangun segi empat Perangkat pembelajaran adalah sekumpulan sumber belajar yang memungkinkan siswa dan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran x dikembangkan yaitu buku siswa dan LKS, pemilihan format pembelajaran berdasarkan model PBI, dan perancangan draf awal perangkat pembelajaran. Sedangkan untuk tahap pengembangan, terdiri dari penilaian para ahli yang meliputi validasi isi perangkat pembelajaran dan uji coba perangkat pembelajaran untuk memperoleh masukan langsung dari lapangan hingga menghasilkan draf final. Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas silabus, RPP, buku siswa, LKS, dan THB berturut-turut adalah 0,975; 0,982; 0,984; 0,980; dan 0,992. Perangkat tersebut dikatakan valid karena koefisien validitasnya lebih dari 0,60 yang berarti kevalidannya sangat tinggi. Persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua, berturut-turut adalah 85% dan 83%. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan kedua, berturut-turut adalah 80,16% dan 84,92%. Dari analisis angket yang telah diisi oleh 30 siswa diperoleh bahwa lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap seluruh aspek yang ditanyakan dalam angket. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon baik terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Dari analisis validitas butir soal THB terdapat lima butir soal yang koefisien validitasnya sangat tinggi. Dari hasil analisis reliabilitas tes diperoleh nilai koefisien reabilitas tes 0,612717 hal ini berarti bahwa reliabilitas alat evaluasi berkategori tinggi. Pada penelitian ini diperoleh tingkat penguasaan materi belajar sebesar 93,33%. Penghitungan tingkat penguasaan materi ini diperoleh dari 70% nilai THB dan 30% nilai produk yang telah dihasilkan. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran matematika dengan model PBI telah memenuhi kriteria keefektifan perangkat pembelajaran. Jadi, berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang telah terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model PBI pada materi persegi panjang dan persegi kelas VII yang layak dan dapat digunakan oleh guru tingkat SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13303
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository