Penerapan Model PBI (Problem Based Instruction) disertai Performance Assessment untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-A pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok di SMP Negeri 1 Jenggawah Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013
Abstract
Matematika merupakan ilmu universal yang mempunyai peran penting
dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Oleh karenanya
matematika perlu diberikan kepada semua siswa agar mampu menggunakan
matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Dari hasil observasi awal dan wawancara dengan guru bidang studi
matematika di SMP Negeri 1 Jenggawah, diperoleh informasi bahwa guru
menerapkan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Akibatnya, siswa hanya
menghafal konsep dan kurang mampu mengaplikasikan konsep tersebut jika
mengerjakan soal yang berbentuk masalah. Selain itu, teknik penilaian yang biasa
digunakan oleh guru yaitu melalui tes konvensional berupa tes tertulis. Tes ini
hanya menilai kemampuan kognitif siswa, sehingga tidak dapat mengungkapkan
penguasaan siswa yang sebenarnya terhadap materi yang diajarkan.
Salah satu model pembelajaran yang menuntut siswa aktif dalam
melakukan pemecahan masalah adalah model Problem Based Instruction (PBI)
disertai Performance Assessment. Model PBI menuntut siswa untuk dapat
menyelesaikan permasalahan secara real, sehingga akan memiliki pengalaman
secara langsung dan akan lebih melekat pada ingatan. Sedangkan teknik penilaian
yang dapat diterapkan yaitu Performance Assessment. Penilaian ini dipercaya
lebih otentik dan mencerminkan kemampuan peserta didik yang sesungguhnya
dibandingkan dengan tes tertulis. Sedangkan materi yang dipilih dalam penelitian
ini adalah bangun ruang sisi datar, khususnya kubus dan balok.
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: (1) Mendeskripsikan penerapan
model PBI disertai Performance Assesment untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas VIII-A pada sub pokok bahasan Luas Permukaan dan
viii
Volume dari Kubus dan Balok di SMP Negeri 1 Jenggawah; (2) menganalisis
aktivitas siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 1 Jenggawah dalam pembelajaran
dengan model PBI disertai Performance Assesment pada sub pokok bahasan Luas
Permukaan dan Volume dari Kubus dan Balok; (3) menganalisis hasil belajar
siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 1 Jenggawah setelah mengikuti proses
pembelajaran dengan model PBI disertai Performance Assesment pada sub pokok
bahasan Luas Permukaan dan Volume dari Kubus dan Balok.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Subjek
penelitian ini adalah kelas VIII-A SMP Negeri 1 Jenggawah. Desain penelitian
yang digunakan adalah model Hopkins. Penelitian ini direncanakan dua siklus
dengan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan, pada pertemuan pertama dan
pertemuan kedua dilakukan pembelajaran, dan pertemuan ketiga diadakan tes
akhir siklus.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dianalisis dalam
penelitian ini adalah: (1) penerapan model PBI disertai Performance Assessment
pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok; (2)
aktivitas belajar siswa; (3) aktivitas guru; (4) ketuntasan hasil belajar.
Penerapan model PBI disertai Performance Assessment pada sub pokok
bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok berjalan dengan lancar pada
setiap siklus. Pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa adalah 59,46%. Pada
siklus II, persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 89,19%.
Sedangkan aktivitas siswa juga meningkat dari 70,83% pada siklus I menjadi
87,50% pada siklus II. Secara keseluruhan pembelajaran dengan model PBI
disertai Performance Assessment dilaksanakan dengan baik walaupun masih
terdapat kekurangan dalam penerapannya.