PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) BILINGUAL BERBASIS TEORI BRUNER PADA GEOMETRI INFORMAL POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA SMP KELAS VIII
Abstract
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS)
matematika bilingual dengan teori Bruner pada Geometri Informal pokok bahasan
bangun ruang sisi datar siswa SMP kelas VIII yang memenuhi kriteria kevalidan dan
kepraktisan . Dari penilaian yang diberikan validator diperoleh nilai tingkat kevalidan
0,96 atau yang berarti pada kualifikasi sangat tinggi. Persentase angket respon siswa
mencapai 80,20% dan 75,41% sedangkan respon guru mencapai 85,19% sehingga
diperoleh rata-rata persentase 80,27%. Berdasarkan analisis data maka persentase
tersebut mempunyai kualifikasi tinggi. Persentase respon siswa dan guru tersebut
digunakan untuk mengukur tingkat kepraktisan LKS tersebut. Karena tingkat
kevalidan dan kepraktisan mempunyai perbedaan kualifikasi yaitu sangat tinggi dan
tinggi maka yang digunakan adalah nilai yang terendah atau kualifikasi tinggi.
Dengan demikian, LKS bilingual berbasis Bruner dan Geometri Informal memenuhi
kriteria kevalidan dan kepraktisan dengan kualifikasi tinggi sehingga LKS tersebut
tidak memerlukan revisi dan uji coba kembali, serta siap digunakan oleh guru sebagai
media pembelajaran matematika bilingual sebagai alternatif pembelajaran
matematika.
Berdasarkan hasil uji coba, persentase respon siswa pada kedua subjek uji
coba memiliki selisih 4,9%. Dari hasil uji coba siswa di SMPN 1 Jember lebih
antusias dan merasa senang dibandingkan dengan siswa di SMP Negeri 1
Bondowoso. Akan tetapi, karakteristik siswa di Bondowoso lebih kritis dan lebih
banyak memberikan saran untuk perbaikan LKS.