Show simple item record

dc.contributor.authorDzurratul Wasi’ah Nur Laili Haqiki
dc.date.accessioned2013-12-27T02:54:51Z
dc.date.available2013-12-27T02:54:51Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM090210101070
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13277
dc.description.abstractntuk mencapai tujuan pembelajaran diperlukan perangkat pembelajaran yang sesuai. Perangkat pembelajaran adalah sekumpulan sumber belajar yang memungkinkan siswa dan guru melakukan kegiatan pembelajaran (Hobri,2010:31). Faktor lain yang mendukung suatu pembelajaran adalah tenaga pendidik yaitu guru. Guru sebagai pemegang kendali kelas seharusnya mampu membimbing siswa untuk menemukan konsep dari materi yang diajarkan sehingga siswa lebih memahami materi tersebut dan pembelajaran dapat berhasil dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses dan hasil dari pelaksanaan pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education dengan setting kooperatif tipe Two Stay Two Stray Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Plomp yang terbagi dalam lima fase, yaitu : (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/konstruksi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi. Data yang dikumpulkan dan dianalisis dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari hasil validasi para ahli dan praktisi, aktifitas siswa dan guru dalam uji coba perangkat pembelajaran, respon siswa terhadap pembelajaran dan perangkat pembelajaran (Buku Siswa, Lembar Kerja Siswa, dan Tes Hasil Belajar), serta hasil belajar siswa melalui tes ulangan harian. Uji coba dilaksanakan di kelas VIIId SMP Negeri 2 Besuk dalam dua kali pertemuan, sesuai dengan RPP, serta satu kali pertemuan untuk tes hasil belajar. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini dinyatakan baik apabila hasil analisis masing-masing perangkat pembelajaran dapat dikategorikan baik. Perangkat pembelajaran dinyatakan baik apabila telah memenuhi kriteria valid yaitu apabila interprestasi besarnya koefisien validitas minimal berkategori tinggi yaitu lebih dari 0,60, praktis apabila persentase tingkat pencapaian kemampuan guru mengelola pembelajaran lebih dari 65% dan efektif jika persentase setiap jenis aktivitas siswa adalah 10% - 20% kecuali jenis aktivitas yang tidak relevan dengan pembelajaran adalah 0% - 5%, banyaknya siswa yang memberikan respon positif lebih dari 80% dari jumlah subjek yang diuji coba, dan ketuntasan hasil belajar minimal 80% siswa yang mengikuti pembelajaran mampu mampu mencapai minimal skor 60. Pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan disajikan pada tabel berikut: Pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Kriteria Keterangan Kevalidan Koefisien validitas RPP, buku siswa, LKS, dan tes hasil belajar adalah 0,96; 0,93; 0,96; dan 0,95. Kepraktisan Persentase aktifitas guru sebesar pada pertemuan I dan II adalah 86,1%; 91,7% Keefektifan 89% siswa mendapat skor lebih dari 60, persentase aktifitas siswa sebesar 19,3%; 16,7%; 19,8%; 12,0%; 17,2%; 12,0%; 3,1% berturut-turut untuk aktivitas 1 sampai 7, dan lebih dari 80% siswa memberikan respon positif. Adapun jenis aktivitas yang diamati dalam penelitian ini adalah : 1 = Mendengarkan penjelasan guru/teman 2 = Bertanya/mengemukakan pendapat kepada guru/teman 3 = Partisipasi dalam mengerjakan LKS yang diberikan 4 = Melakukan kegiatan bertamu/menerima tamu dari kelompok lain 5 = Berpartisipasi dalam diskusi kelas 6 = Menyimpulkan materi yang telah didapat 7 = Aktivitas lain yang tidak relevan dengan pembelajaranen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101070;
dc.subjectRealistic Mathematics Educationen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education dengan Setting Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record