• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    RETORIKA WACANA KAMPANYE SOESILO BAMBANG YUDHOYONO PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2009

    Thumbnail
    View/Open
    Yaumul Afifah_001.pdf (194.7Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Yaumul Afifah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahasa merupakan alat yang paling penting sebagai media komunikasi. Bahasa juga digunakan oleh individu untuk menyampaikan informasi, baik berupa ide, harapan, kritikan maupun opini untuk membentuk suatu wacana tertentu di dalam masyarakat. Wacana dapat berupa percakapan lisan (wacana lisan) maupun teks tertulis yang bersifat kontekstual (wacana tulis). Wacana lisan adalah jenis wacana yang disampaikan secara lisan atau langsung dengan bahasa verbal (ujaran atau tuturan). Ujaran pada wacana lisan umumnya digunakan oleh juru kampanye untuk mendapatkan dukungan politik yang sebanyak- banyaknya dari masyarakat. Kampanye merupakan sebuah tindakan politik untuk pencapaian dukungan. Penggunaan bahasa dalam kampanye digunakan untuk mempengaruhi, mendebat dan memperoleh simpati dari masyarakat. Bahasa kampanye juga digunakan oleh SBY pada pemilu presiden (pilpres) 2009 dalam bentuk wacana pidato. SBY mengemas wacana kampanye melalui manajemen sosial politik dan wawasan kebangsaan yang tersistem untuk kepentingan politik pencitraannya. Tren politik pencitraan akan terus berkembang seiring dengan kebutuhan politis di Indonesia. Untuk itulah, analisis wacana kampanye SBY pada pilpres 2009 menjadi menarik untuk diteliti. Analisis wacana adalah kajian mengenai aneka fungsi (pragmatik) bahasa. Titik perhatian dari analisis wacana adalah menggambarkan teks dan konteks secara bersama-sama dalam suatu proses komunikasi. Salah satu unsur konteks yang berperan penting pada retorika wacana kampanye SBY adalah simbol. Penggunaan simbolisme pada kampanye Susilo Bambang Yudhoyono seperti logo, warna yang digunakan oleh SBY dan koleganya, maupun jargon-jargon yang identik dengan wacana kampanye, merupakan tanda-tanda yang cukup strategis untuk menguatkan objek yang ditampilkan SBY. 060210402145
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13275
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository