• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SOAL UJI KOMPETENSI PADA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) KARANGAN ADI ABDUL SOMAD,DKK

    Thumbnail
    View/Open
    Prasdita Riadi Ragil Saputri_01.pdf (109.7Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Prasdita Riadi Ragil Saputri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberhasilan pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dilihat dari ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Untuk itu, perlu dilakukan evaluasi. Berhubungan dengan pembelajaran dan evaluasi dibutuhkan buku penunjang pembelajaran yang di dalamnya terdapat alat evaluasi yang tepat, baik bentuk maupun tingkat kognitifnya. Salah satu buku penunjang pembelajaran Bahasa Indonesia adalah buku Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk Kelas XI SMA/MA Program IPA dan IPS karangan Adi Abdul Somad,dkk yang dapat diakses melalui internet. Buku jenis tersebut disebut Buku Sekolah Elektronik (BSE). Meskipun buku tersebut telah lulus seleksi, namun soal uji kompetensi yang terdapat di dalamnya perlu dikaji karena soal uji kompetensi tersebut merupakan salah satu alat untuk mengukur kompetensi yang dicapai peserta didik. Beberapa masalah yang dirumuskan adalah sebagai berikut, (1) bagaimanakah bentuk tes soa uji kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik(BSE) karangan Adi Abdul Somad,dkk? (2) bagaimanakah tingkat kognitif soal uji kompetensi pada buku tersebut menurut teori Bloom? dan (3) bagaimanakah bentuk kalimat soal uji kompetensi pada buku tersebut dilihat dari segi sintaksis? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah buku Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk Kelas XI SMA/MA Program IPA dan IPS karangan Adi Abdul Somad,dkk dan data dalam penelitian ini soal uji kompetensi pada buku tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif. Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan: pertama, semua butir soal pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) karangan Adi Abdul Somad,dkk berbentuk tes objektif jenis pilihan ganda. Berdasarkan struktur soalnya soal uji kompetensi digolongkan menjadi 4, yaitu (1) pertanyaan langsung-daftar pilihan terdapat 25 soal, (2) pernyataan tidak lengkap-daftar pilihan terdapat 19 soal, (3) teks-penyataan tidak lengkap-daftar pilihan terdapat 6 soal, dan (4) perintah- teks-pernyataan tidak lengkap-daftar pilihan terdapat 30 soal. Kedua, tingkat kognitif soal uji kompetensi dilihat berdasarkan teori Bloom, ditemukan: (1) tingkat pengetahuan terdapat 8 butir soal (14%); (2) tingkat pemahaman terdapat 22 butir soal (38%); (3) tingkat penerapan terdapat 10 butir soal (18%); (4) tingkat analisis terdiri atas 16 butir soal (27%); (5) tingkat sintesis terdiri atas 2 soal (3%); dan (6) tidak ditemukan soal tingkat evaluasi (0%). Ketiga, bentuk kalimat pada buku tersebut dilihat dari segi sintakasis, ditemukan (1) bentuk kalimat deklaratif terdiri atas 55 butir soal; (2) bentuk kalimat interogatif terdiri atas 3 butir soal; dan (3) tidak ditemukan bentuk kalimat imperatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa semua soal uji kompetensi berbentuk tes objektif berjenis pilihan ganda. Hal tersebut berhubungan dengan banyak ditemukan bentuk kalimat deklaratif. Pada butir soal yang berbentuk objektif siswa tidak dituntut untuk meguraikan jawaban yang dimilikinya, namun berdasar atas pilihan yang sudah tersedia, sehingga kalimat pernyataan (deklaratif) tepat digunakan. Tingkat kognitif yang terdapat pada buku tersebut tidak sesuai dengan proporsi jenjang kognitif pada siswa tingkat SMA. Saran yang diberikan adalah (1) pemerintah, khususnya Departemen Pendidikan Nasional hendaknya lebih teliti dalam menyeleksi buku pegangan yang akan diterbitkan; (2) guru mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA hendaknya lebih selektif dalam menggunakan bahan evaluasi; dan (3) mahasiswa FKIP, khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya lebih kritis agar mampu menentukan alat evaluasi yang tepat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13264
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository