• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII B SMPN 2 Sukowono Tahun Pelajaran 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Dyah Ayu Harini - 080210191035_1.pdf (249.8Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Dyah Ayu Harini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berbagai cara telah dicoba bagaimana menyajikan pendidikan matematika agar supaya menarik perhatian dan tidak membuat siswa merasa takut dalam belajar matematika. Kita ketahui bahwa pengetahuan matematika sifatnya abstrak dan kurang menarik, namun demikian keadaan tersebut sebenarnya dapat diperbaiki dengan mengemas pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pengajaran yang menyenangkan dan tidak membuat siswa takut belajar matematika. Munculnya permasalahan tersebut, maka alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan metode pembelajaran dalam membantu siswa memahami dan mengingat yang mereka baca adalah model pembelajaran PQ4R. PQ4R merupakan akronim dari Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review. Hasil belajar pada penelitian ini adalah kemampuan yang dicapai siswa dalam menyelesaikan tugas, tes akhir, serta aktivitas siswa selama pembelajaran. Dari hasil belajar tersebut dapat diketahui ketuntasan belajar dari proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, aktivitas siswa, dan ketuntasan belajar dalam pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan metode PQ4R dengan penilaian unjuk kerja. Penelitian ini dilakukan di kelas VII B SMP Negeri 2 Sukowono pada tanggal 18 September 2012 sampai 27 September 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. viii Hasil observasi aktivitas siswa yaitu pada pertemuan pertama, memperhatikan penjelasan guru 83,33%, memakai nomer dada 79,17%, melakukan preview 70,83%, membuat pertanyaan (question) 66,67%, melakukan langkah read 75%, melakukan reflect 87,5% , melakukan recite 62,5%, aktif dalam diskusi 58,3%, bekerja sama dengan anggota kelompok 91,67%, melakukan review terhadap seluruh materi yang telah diajarkan 62,5%, sedangkan pada pertemuan kedua, presentase klasikal pada tiap aktivitasnya yang meliputi memperhatikan penjelasan guru 83,33%, memakai nomer dada 83,33%, melakukan preview 70,83%, membuat pertanyaan (question) 66,67%, melakukan langkah read 83,33%, melakukan reflect 87,5% , melakukan recite 66,67%, aktif dalam diskusi 58,3%, bekerja sama dengan anggota kelompok 91,67%, melakukan review terhadap seluruh materi yang telah diajarkan 66,67%. Pada tes pertama semua siswa hadir, siswa yang tuntas 4 anak dengan persentase 10,5% dan yang tidak tuntas ada 34 anak dengan persentase 89,5%. Maka karena secara perseorangan banyak siswa yang belum mencapai nilai ≥ 70 dan secara klasikal belum mencapai ≥ 75 % maka pembelajaran ini diteruskan pada siklus II. Dari hasil observasi tersebut, jelas bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan metode PQ4R pada siklus pertama belum maksimal. Hal ini disebabkan pembelajaran ini baru pertama kali dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sukowono khususnya kelas VII B. Namun pada siklus kedua penerapan pembelajaran ini mengalami peningkatan yaitu memperhatikan penjelasan guru 87,5%, memakai nomer dada 95,83%, melakukan preview 87,5%, membuat pertanyaan (question) 87,5%, melakukan langkah read 79,17%, melakukan reflect 75% , melakukan recite 91,67%, aktif dalam diskusi 83,33%, bekerja sama dengan anggota kelompok 91,67%, melakukan review terhadap seluruh materi yang telah diajarkan 83,33%. Pada pertemuan kedua siklus II ini, presentase aktivitas siswa yaitu memperhatikan penjelasan guru 95,83%, memakai nomer dada 95,83%, melakukan preview 83,33%, membuat pertanyaan (question) 91,67%, melakukan langkah read 83,33%, melakukan reflect 75% , melakukan recite 95,83%, aktif dalam diskusi 83,33%, bekerja sama dengan anggota kelompok 95,83%, melakukan review terhadap seluruh materi yang telah diajarkan 83,33%. Pada tes kedua semua siswa ix hadir, siswa yang tuntas 33 anak dengan persentase 86,8% dan yang tidak tuntas ada 5 anak dengan persentase 13,2%, sehingga dapat dikatakan tuntas secara klasikal Dari hasil observasi siklus I dan siklus II dapat terlihat terjadi peningkatan baik dari aktivitas siswa, kelompok maupun hasil belajar siswa. Maka berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan metode PQ4R ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Sukowono pada pembelajaran materi aritmetika sosial.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13260
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository