• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Pendekatan Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) pada Pokok Bahasan Metabolisme Karbohidrat Kelas XII SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Dian Eka Aprilia Fitria Ningrum - 090210103062_1.pdf (283.8Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Dian Eka Aprilia Fitria Ningrum
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan adalah dengan pembaharuan sistem pendidikan, yaitu pada kurikulum. Kurikulum baru yang segera diterapkan yaitu kurikulum 2013. Salah satu faktor pendukung keberhasilan kurikulum adalah ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum. Salah satu contoh bahan ajar adalah buku siswa. Buku siswa yang dikembangkan berbasis pada pendekatan Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT), sehingga dapat memicu siswa untuk melatih potensi intelektualnya dalam menganalisis, membuat pertimbangan, menarik kesimpulan serta melatih hubungan interpersonal melalui penyampaian pendapat. Selain itu, buku siswa yang dikembangkan berdasarkan masalah dasar dalam materi metabolisme karbohidrat yaitu siswa kesulitan mengaplikasikan materi dalam kehidupan sehari-hari karena materi tergolong sulit dan abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar biologi berupa buku siswa untuk siswa kelas XII SMA. Selain itu, untuk menguji kevalidan/kelayakan hasil bahan ajar berbasis pendekatan Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) pada pokok bahasan metabolisme karbohidrat untuk digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini mengacu pada modifikasi model pengembangan 4-D karena hanya dibatasi pada tahap 3-D yaitu define, design, develop. viii Pada tahap define dilakukan penyebaran angket siswa dan guru untuk mengetahui masalah dasar serta kebutuhan-kebutuhan dalam pembelajaran khususnya pokok bahasan metabolisme karbohidrat. Pada tahap design dilakukan untuk merancang buku siswa yang berkarakter pendekatan Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT). Pada tahap develop dilakukan validasi ahli terhadap buku siswa yang dikembangkan dan uji coba terbatas. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi pada validator ahli dan validator pengguna. Validator ahli terdiri atas tiga dosen jurusan pendidikan Biologi dan validator pengguna terdiri atas tiga guru SMA di Kabupaten Jember yaitu SMAN 1 Jember, SMAN Ambulu, dan SMAN Arjasa. Berdasarkan hasil validasi, diketahui rata-rata persentase nilai yaitu 77,85%. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan berupa buku siswa memiliki kualifikasi valid atau layak digunakan dalam pembelajaran dengan melakukan revisi kecil-kecilan terhadap substansi yang perlu diperbaiki berdasarkan kritik dan saran dari para validator. Data hasil penelitian juga didapat setelah melakukan uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilakukan dengan 9 orang siswa kelas XII yang sebelumnya pernah mendapatkan materi metabolisme karbohidrat. Hasil angket mengenai uji keterbacaan dan tingkat kesulitan yaitu persentase rata-rata sebesar 81,48% siswa mengatakan mudah dan sisanya 18,52% siswa mengatakan sulit, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa siswa mampu menangkap dan memahami materi yang terdapat di dalam buku siswa. Selain itu, hasil analisis angket respon siswa secara umum diperoleh rata-rata persentase 76,19% siswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan sedangkan hanya 23,81% yang tidak merespon positif. Artinya siswa sudah bisa memahami bahan ajar yang telah dikembangkan. Berdasarkan pemaparan hasil penelitian di atas maka dapat dikatakan bahwa buku siswa yang dikembangkan valid, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Bahan ajar yang dikembangkan telah mengulas materi metabolisme karbohidrat secara keseluruhan dan telah melewati tahap validasi dan revisi hingga bahan ajar dikatakan valid.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13254
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository