Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Pendekatan Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) pada Pokok Bahasan Metabolisme Karbohidrat Kelas XII SMA
Abstract
Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas
pendidikan adalah dengan pembaharuan sistem pendidikan, yaitu pada kurikulum.
Kurikulum baru yang segera diterapkan yaitu kurikulum 2013. Salah satu faktor
pendukung keberhasilan kurikulum adalah ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan
sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum. Salah satu
contoh bahan ajar adalah buku siswa.
Buku siswa yang dikembangkan berbasis pada pendekatan Deep
Dialogue/Critical Thinking (DD/CT), sehingga dapat memicu siswa untuk melatih
potensi intelektualnya dalam menganalisis, membuat pertimbangan, menarik
kesimpulan serta melatih hubungan interpersonal melalui penyampaian pendapat.
Selain itu, buku siswa yang dikembangkan berdasarkan masalah dasar dalam materi
metabolisme karbohidrat yaitu siswa kesulitan mengaplikasikan materi dalam
kehidupan sehari-hari karena materi tergolong sulit dan abstrak.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan
ajar biologi berupa buku siswa untuk siswa kelas XII SMA. Selain itu, untuk menguji
kevalidan/kelayakan hasil bahan ajar berbasis pendekatan Deep Dialogue/Critical
Thinking (DD/CT) pada pokok bahasan metabolisme karbohidrat untuk digunakan
dalam pembelajaran. Penelitian ini mengacu pada modifikasi model pengembangan
4-D karena hanya dibatasi pada tahap 3-D yaitu define, design, develop.
viii
Pada tahap define dilakukan penyebaran angket siswa dan guru untuk
mengetahui masalah dasar serta kebutuhan-kebutuhan dalam pembelajaran khususnya
pokok bahasan metabolisme karbohidrat. Pada tahap design dilakukan untuk
merancang buku siswa yang berkarakter pendekatan Deep Dialogue/Critical Thinking
(DD/CT). Pada tahap develop dilakukan validasi ahli terhadap buku siswa yang
dikembangkan dan uji coba terbatas.
Data hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi pada validator ahli dan
validator pengguna. Validator ahli terdiri atas tiga dosen jurusan pendidikan Biologi
dan validator pengguna terdiri atas tiga guru SMA di Kabupaten Jember yaitu SMAN
1 Jember, SMAN Ambulu, dan SMAN Arjasa. Berdasarkan hasil validasi, diketahui
rata-rata persentase nilai yaitu 77,85%. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang
dihasilkan berupa buku siswa memiliki kualifikasi valid atau layak digunakan dalam
pembelajaran dengan melakukan revisi kecil-kecilan terhadap substansi yang perlu
diperbaiki berdasarkan kritik dan saran dari para validator.
Data hasil penelitian juga didapat setelah melakukan uji coba terbatas. Uji
coba terbatas dilakukan dengan 9 orang siswa kelas XII yang sebelumnya pernah
mendapatkan materi metabolisme karbohidrat. Hasil angket mengenai uji keterbacaan
dan tingkat kesulitan yaitu persentase rata-rata sebesar 81,48% siswa mengatakan
mudah dan sisanya 18,52% siswa mengatakan sulit, sehingga diperoleh kesimpulan
bahwa siswa mampu menangkap dan memahami materi yang terdapat di dalam buku
siswa. Selain itu, hasil analisis angket respon siswa secara umum diperoleh rata-rata
persentase 76,19% siswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang
dikembangkan sedangkan hanya 23,81% yang tidak merespon positif. Artinya siswa
sudah bisa memahami bahan ajar yang telah dikembangkan. Berdasarkan pemaparan
hasil penelitian di atas maka dapat dikatakan bahwa buku siswa yang dikembangkan
valid, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Bahan ajar yang
dikembangkan telah mengulas materi metabolisme karbohidrat secara keseluruhan
dan telah melewati tahap validasi dan revisi hingga bahan ajar dikatakan valid.