• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Authentic Assessment untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar pada Materi Luas Permukaan Prisma dan Limas Siswa Kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Devi Yuniar - 090210101017_1.pdf (76.81Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Devi Yuniar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya aktivitas siswa berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa, sehingga masih banyak siswa yang belum memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan sekolah dan harus remidi. Kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember termasuk kelas yang memiliki kemampuan siswa heterogen dan hasil belajar yang rendah jika dibandingkan dengan kelas VIII yang lain. Keaktivan siswa dalam proses belajar di kelas ini juga masih kurang, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan cara mengaktivkan siswa. SMP Negeri 1 Jember merupakan salah satu SMP favorit di kota Jember, sebagian besar siswanya mempunyai kemampuan di atas rata-rata jika dibandingkan dengan SMP-SMP lain. Oleh karena itu, siswa-siswa di SMP Negeri 1 Jember cenderung bersikap individual. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Dalam pembelajaran matematika, sistem penilaian yang digunakan selama ini masih menggunakan satu metode pengujian, yaitu tes yang hanya mengukur ingatan siswa terhadap informasi-informasi aktual saja. Hal ini didukung oleh hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika, penilaian di kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember selama ini hanya berdasarkan hasil tes saja. Dengan demikian, penilaian harus terintegrasi dalam proses pembelajaran, bukan semata-mata pada hasil pembelajaran. Penilaian yang sesuai dengan hal tersebut adalah authentic assessment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran, serta untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan authentic assessment pada materi luas permukaan prisma dan limas siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2012/2013. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 6 Februari sampai 20 April 2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember yang berjumlah 38 siswa. Pada saat pembelajaran berlangsung, siswa terlihat aktif dan antusias. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisa rata-rata persentase aktivitas individu, aktivitas kelompok dan penilaian teman sendiri. Semua komponen penilaian afektif dan kognitif pada siklus II mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan siklus I. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan authentic assessment pada materi luas permukaan prisma dan limas dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisa rata-rata nilai akhir siswa pada siklus I sebesar 74,68 dan rata-rata nilai akhir siswa pada siklus II sebesar 80,76. Pembelajaran ini juga telah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 76,32%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diberikan saran yaitu. Dalam pembelajaran matematika, sistem penilaian yang digunakan selama ini masih menggunakan satu metode pengujian, yaitu tes yang hanya mengukur ingatan siswa terhadap informasi-informasi aktual saja. Hal ini didukung oleh hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika, penilaian di kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember selama ini hanya berdasarkan hasil tes saja. Dengan demikian, penilaian harus terintegrasi dalam proses pembelajaran, bukan semata-mata pada hasil pembelajaran. Penilaian yang sesuai dengan hal tersebut adalah authentic assessment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran, serta untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas vi siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan authentic assessment pada materi luas permukaan prisma dan limas siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2012/2013. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Pada saat pembelajaran berlangsung, siswa terlihat aktif dan antusias. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisa rata-rata persentase aktivitas individu, aktivitas kelompok dan penilaian teman sendiri. Semua komponen penilaian afektif dan kognitif pada siklus II mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan siklus I. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan authentic assessment pada materi luas permukaan prisma dan limas dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisa rata-rata nilai akhir siswa pada siklus I sebesar 74,68 dan rata-rata nilai akhir siswa pada siklus II sebesar 80,76. Pembelajaran ini juga telah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 76,32%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diberikan saran yaitu. 1) guru diharapkan lebih dapat menguasai kelas pada saat pembentukan kelompok dan mengkondisikan siswa agar lebih tertib. 2)penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran matematika di kelas agar siswa tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang biasa dilakukan. 3)model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan authentic assessment dapat dikembangkan dan diterapkan sebagai alternatif penilaian hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13213
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository