OPTIMALISASI PEMBERIAN PENGUATAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS VII E SMP PLUS DARUS SHOLAH JEMBER TAHUN AJARAN 2011/ 2012
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil
optimalisasi pemberian penguatan yang dilakukan oleh guru melalui cooperative
learning, aktivitas siswa, dan ketuntasan belajar siswa kelas VII E SMP Plus Darus
Sholah Jember selama pembelajaran operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini
dilakukan pada tanggal 18 Juli sampai 16 Agustus 2011. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas guru dalam optimalisasi
pemberian penguatan adalah konstan yaitu 77,78% pada siklus I dan 77,78% pada
siklus II. Persentase tersebut menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh guru adalah B
yaitu sudah optimal dalam optimalisasi pemberian penguatan. Aktivitas individu
meningkat dari 73,49% pada siklus I menjadi 84,22% pada siklus II.Selain aktivitas
individu, aktivitas kelompok juga dianalisis. Hasil analisisnya yaitu 81,25% pada
siklus I dan 84,72% pada siklus II, yang berarti juga mengalami peningkatan. Hasil
belajar siswa, diperoleh persentase sebesar 87,88% pada siklus I. Pada siklus II,
diperoleh persentase hasil belajar sebesar 90,91%, meningkat 3,03% dari siklus I.
Berdasarkan data-data tersebut, diketahui bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa
dan hasil belajar siswa selama menggunakan optimalisasi pemberian penguatan
melalui cooperative learning.