• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA POKOK BAHASAN PERSEGIPANJANG DAN PERSEGI DI KELAS VII

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (167.9Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Pratiwi Anggraeni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika Realistic Mathematics Education (RME) pada pokok bahasan persegipanjang dan persegi di kelas VII, (2) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika Realistic Mathematics Education (RME) pada pokok bahasan persegipanjang dan persegi di kelas VII yang baik. Terkait dengan hal itu akan disertakan pula (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, (2) aktivitas siswa selama pembelajaran, (3) respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran, dan (4) tes hasil belajar siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Buku Siswa, (3) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Berdasarkan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut. a. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika Realistic Mathematics Education (RME) pokok bahasan persegipanjang dan persegi di kelas VII menggunakan Model 4-D yang dimodifikasi diawali dengan tahap pendefinisian. Tahap ini meliputi 5 langkah pokok, yaitu 1) analisis awalakhir; 2) analisis siswa; 3) analisis materi; 4) analisis tugas dan 5) spesifikasi indikator pembelajaran. Selanjutnya adalah tahap perencanaan (Design), Dalam tahap ini terdapat empat kegiatan desain yaitu 1) penyusunan tes; 2) x pemilihan media; 3) pemilihan format; 4) desain awal. Tahap berikutnya adalah tahap pengembangan. Tujuan dari tahap pengembangan adalah untuk menghasilkan draft perangkat pembelajaran yang telah direvisi berdasarkan masukan dari para ahli dan data yang diperoleh dari uji coba. Kegiatan pada tahap ini adalah penilaian para ahli dan uji coba lapangan. Tahap terakhir adalah penyebaran (disseminate), tahap Disseminasi dalam penelitian ini dilakukan dalam Seminar Nasional Matematika yang diadakan oleh FKIP Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jember. Penyebaran terbatas pada pemaparan hasil perangkat yang telah di uji cobakan. Peneliti bertindak sebagai pemakalah dalam seminar tersebut. b. Hasil pengembangan yang diperoleh adalah perangkat pembelajaran matematika Realistic Mathematics Education (RME) Pada Pokok Bahasan Persegipanjang dan Persegi di Kelas VII yang dikategorikan baik. Perangkat dikatagorikan baik apabila perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria valid, memenuhi kriteria efisien, dan memenuhi kriteria efektif. Sehingga perangkat pembelajaran yang dihasilkan mengalami sedikit revisi atau tanpa revisi. Hasil uji kevalidan, efisien, dan keefektifan prototipe akhir instrumen adalah sebagai berikut. 1) Uji kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh melalui validasi perangkat pembelajaran (RPP, buku siswa, LKS, dan THB) oleh 3 ahli. Hasil penilaian secara umum para ahli terhadap perangkat pembelajaran adalah baik dan dapat digunakan dengan revisi sedikit. Dari hasil validasi diperoleh perangkat pembelajaran telah mencapai kriteria kevalidan. 2) Kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang kedua yaitu kriteria efisiensi. Perangkat pembelajaran dikatakan efisien apabila dalam ujicoba lapangan didapat data kemampuan guru mengelola pembelajaran dikategorikan baik, dan aktivitas siswa dikategorikan baik. Dari hasil pengamatan terhadap kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran diperoleh perangkat pembelajaran telah mencapai kriteria efisien.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13201
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository