Show simple item record

dc.contributor.authorDesi Indriyani
dc.date.accessioned2013-12-27T02:23:12Z
dc.date.available2013-12-27T02:23:12Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210101030
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13199
dc.description.abstractSebagian besar pembelajaran yang dilakukan guru matematika disekolah masih bersifat konvensional. Secara umum pembelajaran mulai dengan penyajian teori oleh guru, pemberian contoh soal, dilanjutkan dengan soal-soal latihan, kemudian pemberian PR (tugas rumah). Dengan demikian diperlukan adanya pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran khusus dalam sebuah proses pembelajaran. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan yaitu pendekatan RME (Realistics Mathematics Education), yang mengaitkan materi dengan permasalahan nyata yang biasa terjadi di lingkungan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran yang berorientasi pada pendekatan Realistics Mathematics Education (RME). Uji coba dilaksanakan pada tanggal 17-29 Nopember 2012 dengan objek 38 siswa kelas VII-D SMP Negeri 14 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi, tes, observasi, dan angket respon siswa. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model 4-P, terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah tiga RPP, satu Buku Siswa, tiga LKS, dan satu alat evaluasi (THB). Analisis hasil validasi perangkat pembelajaran memiliki kategori sangat tinggi berturut-turut untuk RPP, Buku Siswa, LKS, dan alat evaluasi (THB) adalah 0,92; 0,89; 0,91; dan 0,83. Analisis data hasil uji coba berupa data aktivitas guru dan viii aktivitas siswa dengan rata-rata persentase berturut-turut yaitu 96% dan 85,85%. Berdasarkan analisis hasil THB, terdapat 87% siswa yang mampu mencapai tingkat penguasaan materi minimal dan rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran yaitu sebesar 94,74% untuk semua indikator dalam angket. Selain itu, validitas dan reliabilitas butir soal THB menunjukkan kategori tinggi dengan nilai > 0,60. Kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika berorientasi berorientasi pada pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Dengan demikian, produk pengembangan dari penelitian ini sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101030;
dc.subjectRealistics Mathematics Educationen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi pada Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Sub Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record