• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) SMP PADA MATERI GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (350.6Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Ngalim Kuatno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah materi geometri yang disajikan dalam BSE SMP pada kelas VII adalah garis dan sudut serta segiempat dan segitiga, materi pada kelas VIII adalah Teorema Pythagoras dan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas), materi pada kelas IX adalah kesebangunan dan kekongruenan serta bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola). Tingkatan berpikir van Hiele pada materi geometri BSE SMP pada tingkat visualisasi, analisis, dan deduksi informal secara berturut-turut untuk kelas VII sebesar 35, 72 %; 36, 81 % dan 27, 47 %, untuk kelas VIII sebesar 33,78 %; 57,43 %; dan 8, 79 %, sedangkan untuk kelas IX berturut-turut 18, 28 %; 37, 63 % dan 48, 09 %. Terdapat kesalahan konsep pada materi geometri dalam BSE SMP pada kelas VII yang disusun oleh A. Wagiyo dkk. tentang hubungan antar bangun, kesalahan pertama yaitu {jajargenjang} {trapesium}. Penarikan kesimpulan kurang tepat karena berawal dari definisi awal yaitu pada pernyataan trapesium merupakan segiempat yang memiliki sepasang sisi berhadapan yang sejajar. Seharusnya trapesium merupakan segiempat yang memiliki tepat sepasang (hanya satu tidak lebih) sisi yang sejajar. Kesalahan kedua yaitu {belah ketupat} {layang-layang}. Kesalahan terjadi pada pernyataan belah ketupat merupakan bentuk layang-layang yang istimewa. Layang-layang mempunyai dua pasang sisi yang tidak sama panjang. Sedangkan belah ketupat keempat sisinya sama panjang
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13185
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail