PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) SETTING NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUB POKOK BAHASAN OPERASI PADA PECAHAN KELAS VII SMPN 14 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2011/ 2012
Abstract
Dari hasil penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME)
setting Numbered Head Together (NHT) pada sub pokok bahasan operasi pada pecahan
kelas VIIB SMP Negeri 14 Jember semester ganjil tahun ajaran 2011/ 2012 dapat
dilakasanakan dengan baik. Pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan masalah
nyata dengan persiapan dan penomoran, mengunakan model, menggunakan kontribusi
siswa dengan pertanyaan dan berpikir bersama, interaktivitas dengan pemberian
jawaban, terintregasi dari topik lainnya, memberi kesimpulan dan penghargaan. Kendala
yang dihadapi selama pelaksanaan penelitian ini adalah kurang aktifan siswa dalam
pembelajaran sehingga mereka akan kesulitan memahami konsep. Di awal pembelajaran
terlihat terdapat beberapa siswa yang bermain-main dalam diskusi di kelompoknya
masing-masing, tetapi pada akhirnya siswa mampu lebih aktif dan bekerja sama dengan
baik bersama kelompoknya.
Aktivitas siswa dalam pembelajaran ini diantaranya adalah mengaitkan materi
dengan masalah nyata, menggunakan media dalam membuat model, kontribusi siswa,
interaktivitas, pemakaian nomor anggota, respon siswa saat pemanggilan nomor
anggota, dan cara siswa mempresentasikan hasil diskusi. Hasil yang diperoleh dari
pembelajaran yang telah dilakukan menunjukkan aktivitas siswa cenderung meningkat
disetiap pembelajaran. Persentase aktivitas siswa pada pembelajaran 1 sebesar 67,04%,
aktivitas siswa pada pembelajaran 2 sebesar 73,06%, aktivitas siswa pada pembelajaran
3 sebesar 77,32%, dan aktivitas siswa pada pembelajaran 4 sebesar 81,33%.
Ketuntasan klasikal pada siklus 1 sebesar 55,3%. Hasil belajar matematika pada
siklus 1 belum tuntas karena kurang dari 75% dan siswa belum terbiasa dengan
pembelajaran yang dilaksanakan sehingga guru perlu mengadakan perbaikan dalam
RPP maupun manajemen kelas pada pembelajaran berikutnya yaitu pada siklus yang
kedua. Kenaikan nilai ketuntasan klasikal tersebut sebesar 23,3%. Nilai ketuntasan
klasikal pada siklus 2 adalah sebesar 76,3% sehingga sudah pada kategori tuntas. Nilai
ketuntasan klasikal pada siklus 2 mengalami kenaikan sebesar 21% dari siklus 1.
Maka dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan pembelajaran
Realistic Mathematics Education (RME) setting Numbered Head Together pada sub
pokok bahasan operasi pada pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika
siswa.