• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya Untuk Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah Kelas IX I SMP Negeri 1 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Athar Zaif Zairozie - 080210101021_1.pdf (195.0Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Athar Zaif Zairozie
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru bidang studi matematika kelas IX I SMP Negeri 1 Jember yang dilaksanakan tanggal 1 November 2012 menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami soal-soal pemecahan masalah dalam bentuk cerita. Hal ini terlihat dari beberapa hasil ulangan mereka khususnya soal-soal pemecahan masalah dalam bentuk cerita dan hasil ulangan tengah semester. Selama ini guru lebih sering menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. George Polya Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diadakan penelitian dengan judul “Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya Untuk Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah Kelas IX I SMP Negeri 1 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013” dengan rumusan permasalahan sebagai berikut: viii pembelajaran pemecahan masalah model Polya untuk menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX I SMP Negeri 1 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Pada penelitian ini menggunakan 5 macam strategi yang berbeda pada setiap pertemuan, yaitu pada siklus I pembelajaran pertama menggunakan strategi menggunakan rumus, pertemuan kedua menggunakan strategi membuat model matematika dan variable, pada siklus II pembelajaran pertama menggunakan strategi penalaran langsung dan tidak langsung, pada pembelajaran kedua menggunakan strategi menggabar diagram. Dari hasil pembelajaran diketahui pada siklus I, tahap merencanakan dan memeriksa kembali pada polya memiliki persentase ketuntasan yang rendah namun pada siklus II sudah meningkat untuk tahap merencanakan. Tetapi untuk tahap mengecek kembali belum mengalami peningkatan yang berarti. Dari hasil wawancara terhadap 3 siswa yang belum tuntas pada siklus II, mereka masih belum terbiasa dalam membuat rencana dan masih mengalami kebingungan pada tahap memeriksa kembali. Karena keterbatasan waktu dan izin penelitian, untuk tahap memeriksa kembali belum bisa dicari solusi yang lebih baik agar mengalami peningkatan. Penerapan pembelajaran model Polya untuk menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah kelas IX I SMP Negeri 1 Jember terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk aktivitas belajar siswa cenderung mengalami peningkatan dan guru merasa terbantu dengan pemecahan masalah Model Polya, karena dapat membantu siswa dalam mengerjakan suatu permasalahan khususnya soal cerita.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13161
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository