PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII D SEMESTER GENAP SMP NEGERI SUKORAMBI TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan
pembelajaran dengan menerapkan model Guided Discovery dengan teknik Mind
Mapping, aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran dengan
model Guided Discovery dengan teknik Mind Mapping pada pokok bahasan
kubus dan balok. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP
Negeri Sukorambi semester genap tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 36
siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa penerapan model Guided
Discovery dengan teknik Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri Sukorambi tahun ajaran 2010/2011
berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini bisa dilihat dari hasil analisis data
diperoleh bahwa rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran mengalami
peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I mencapai 67,69% dan pada
siklus II mencapai 83,43%. Disamping itu ketuntasan belajar siswa secara klasikal
juga menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus 1
mencapai 72,22% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91,67%.
Ketuntasan klasikal mengalami peningkatan secara signifikan meskipun masih
ada siswa yang tidak tuntas secara perorangan.