• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII D SEMESTER GENAP SMP NEGERI SUKORAMBI TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_1.pdf (62.91Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Mohamad Irfan Fauzy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Guided Discovery dengan teknik Mind Mapping, aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran dengan model Guided Discovery dengan teknik Mind Mapping pada pokok bahasan kubus dan balok. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri Sukorambi semester genap tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa penerapan model Guided Discovery dengan teknik Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri Sukorambi tahun ajaran 2010/2011 berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini bisa dilihat dari hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I mencapai 67,69% dan pada siklus II mencapai 83,43%. Disamping itu ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus 1 mencapai 72,22% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91,67%. Ketuntasan klasikal mengalami peningkatan secara signifikan meskipun masih ada siswa yang tidak tuntas secara perorangan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13159
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository