• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI GUIDED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BELAH KETUPAT DAN LAYANG-LAYANG KELAS VII B SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 PANTI TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (302.3Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    IKA BAGUS WIJAYA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema penelitian tindakan Hopkins dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Berdasarkan model skema penelitian tindakan Hopkins maka dikembangkan desain penelitian menggunakan prosedur kerja dari tindakan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada setiap akhir siklus diberikan tes akhir untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi yang telah dipelajari. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisa data merupakan cara yang paling menentukan untuk menyusun dan mengolah data yang terkumpul, sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran kontekstual dengan strategi guided teaching pada materi belah ketupat dan layang-layang kelas VII B SMP Negeri 2 Panti semester genap tahun pelajaran 2010/2011 berjalan dengan lancar dan baik. Hal ini bisa dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru yang meningkat dari pembelajaran pertama sampai pembelajaran ke empat. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai akhir siswa pada siklus I diperoleh 76,10 meningkat menjadi 85,82 pada siklus II. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa menyukai pembelajaran yang diterapkan, yaitu pembelajaran kontekstual dengan strategi guided teaching. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa pembelajaran kontekstual dengan strategi guided teaching cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi belah ketupat dan layang-layang. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa pada tiap siklusnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13099
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository