• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JAJAR GENJANG DAN BELAH KETUPAT KELAS VIIA SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 PANTI TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_1.pdf (230.4Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    FAJAR ASMORO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian memperlihatkan tahapan dalam pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Problem Based Instruction (PBI) dapat berjalan dengan lancar yang terlihat di langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh guru (peneliti). Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh guru (peneliti) dalam PBI pada kedua siklus yaitu memunculkan masalah dalam konteks nyata, mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, membimbing kelompok dalam penyelidikan, bekerja, dan belajar, serta membantu siswa mempersiapkan hasil karya mendapatkan penilaian yang maksimal atau sangat baik dari guru bidang studi matematika. Tetapi ada satu tahapan yang dinilai kurang maksimal dari guru bidang studi matematika yaitu tahapan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Persentase aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Problem Based Instruction (PBI) pada siklus I sebesar 85,00%, sedangkan pada siklus II sebesar 90,00%. Tetapi para siswa ada yang kurang teliti dalam mengerjakan LKS yang tampak pada tahap eksperimen untuk membuktikan hipotesis. Selain itu, siswa juga merasa agak malu dan belum terbiasa dalam penyajian hasil karya dengan presentasi di depan kelas. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan yaitu sebesar 69,21% ke 73,43% dengan kategori aktif. Persentase klasikal ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 61,11% dan pada siklus II sebesar 89,19%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Problem Based Instruction (PBI) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jajar genjang dan belah ketupat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13077
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository