PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL) DENGAN SETTING COOPERATIVE LEARNING MATERI PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI KELAS VII
Abstract
Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar
siswa memberikan respon baik terhadap perangkat pembelajaran yang
dikembangkan. Dari analisis validitas butir soal pretes terdapat 2 butir soal yang
nilai validitasnya sedang dan 3 butir soal yang nilai validitasnya tinggi.
Sedangkan dari analisis validitas butir soal posttes terdapat 4 butir soal yang nilai
validitasnya tinggi dan 1 butir soal yang nilai validitasnya sangat tinggi. Berarti
secara keseluruhan alat evaluasi ini dikatakan valid. Dari hasil analisis reliabilitas
pretes diperoleh nilai r11 = 0,62 dan posttes diperoleh nilai r11 = 0,76 hal ini
berarti bahwa reliabilitas alat evaluasi berkategori tinggi. Dari analisis posttes juga
diperoleh bahwa 82,86% (29 siswa dari 35 siswa) siswa mencapai skor minimal
60. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berdasarkan
Pendekatan SAVI dengan Setting Cooperative Learning telah memenuhi kriteria
keefektifan perangkat pembelajaran. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas
perangkat pembelajaran yang telah terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran
matematika berdasarkan Pendekatan SAVI dengan Setting Cooperative Learning
Materi Persegi Panjang dan Persegi Kelas VII yang layak dan dapat digunakan
oleh guru tingkat SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika.