• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Elektronik Fisika sebagai Media Instruksional Pokok Bahasan Hukum Newton pada Pembelajaran Fisika di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Rizky Prima Elisa Galuh Salsabila - 080210102030_1.pdf (263.8Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Rizky Prima Elisa Galuh Salsabila
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas X di SMA Negeri 4 Probolinggo diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran fisika di kelas telah dilengkapi dengan buku pegangan untuk siswa berupa modul cetak, tetapi guru kesulitan dalam menerapkannya di kelas. Modul cetak cenderung bersifat informatif dan kurang menarik karena tidak dapat menampilkan warna, suara, video, dan gambar bergerak sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar fisika. Siswa juga belum mampu belajar mandiri dengan menggunakan modul cetak sehingga sulit untuk mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman konsep siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Modul elektronik fisika merupakan salah satu alternatif media yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan di atas. Modul elektronik fisika adalah suatu paket pembelajaran yang memuat satu unit konsep dari bahan pelajaran fisika yang ditampilkan dengan menggunakan piranti elektronik berupa komputer. Berbeda dengan modul cetak pada umumnya, modul elektronik fisika terdiri dari modul untuk siswa dan modul untuk guru yang dikemas menarik dalam satu paket pembelajaran. Modul elektronik fisika dapat menampilkan teks, warna, suara, video, animasi, dan gambar karena menggunakan program Macromedia Flash dalam pembuatannya sehingga mampu menciptakan media pembelajaran interaktif bagi siswa. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul elektronik fisika yang berkualitas, mengetahui motivasi siswa dan meningkatkan pemahama konsep siswa setelah menggunakan modul elektronik fisika yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik fisika. Pengembangan modul elektronik fisika menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Memahami keterbatasan peneliti dari aspek waktu dan biaya maka penelitian pengembangan ini memodifikasi model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D hanya sampai tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar observasi. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic, observasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah validasi logic, hasil observasi motivasi belajar siswa, dan pemahaman konsep siswa. Hasil validasi logic yang didapatkan adalah 2,74 sehingga modul elektronik fisika dapat dikategorikan baik dan layak digunakan pada uji pengembangan di kelas. Motivasi belajar siswa berdasarkan pada hasil observasi menunjukkan persentase yang sangat baik. Hal ini terbukti dari rekapitulasi data rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 89%. Rasa senang siswa dalam mengerjakan tugas dari guru memiliki persentase terbesar sedangkan minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran serta tanggung jawab siswa dalam melaksanakan tugas belajarnya memiliki persentase yang lebih kecil. Pemahaman konsep siswa meliputi pemahaman translasi, pemahaman interpretasi, dan pemahaman ekstrapolasi. Secara keseluruhan pemahaman konsep siswa menunjukkan persentase yang cukup baik sehingga siswa dapat dikategorikan paham konsep setelah menggunakan modul elektronik fisika selama kegiatan pembelajaran. Hal ini terbukti dari rekapitulasi data nilai rata-rata soal pemahaman konsep sebesar 84.81%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) kualitas modul elektronik fisika berkategori baik dan layak digunakan pada uji pengembangan di kelas, (2) siswa kelas X.6 SMA Negeri 4 Probolinggo sangat termotivasi selama pembelajaran menggunakan modul elektronik fisika. (3) siswa kelas X.6 SMA Negeri 4 Probolinggo paham konsep setelah menggunakan modul elektronik fisika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13060
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository