• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    engaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Metode Praktikum Terhadap Hasil BelajarFisika di Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Genteng

    Thumbnail
    View/Open
    Restika Preswasari - 080210192032_1.pdf (110.9Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Restika Preswasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan mata pelajaran yang memerlukan pemahaman daripada penghafalan, tetapi diletakkan pada pengertian dan pemahaman konsep yang dititikberatkan pada proses terbentuknya pengetahuan melalui penemuan, penyajian data secara matematis dan berdasarkan aturan-aturan tertentu. Dari uraian di atas disimpulkan bahwa mata pelajaran fisika membutuhkan pemahaman dan analisis sehingga dalam mempelajarinya perlu aturan tertentu. Maka solusi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran inovatif merupakan pembelajaran yang menarik, mengiringi perubahan, mengembangkan serta menggali pengetahuan peserta didik secara konkrit dan mandiri. Salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran inovatif melalui model Problem Based Instruction (PBI) dengan metode praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction dengan metode praktikum terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Genteng; dan (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction dengan metode praktikum terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Genteng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Genteng. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian 1 dan hipotesis penelitian 2 adalah Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 16. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan pengujian hipotesis pihak kanan. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian 1 diperoleh nilai t pada equal variance not assumed adalah 15,275 dengan signifikansi (1-tailed) 0,000. Nilai sig  0,05 sehingga skor rata-rata aktivitas belajar fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dengan demikian model PBI disertai metode praktikum berpengaruh terhadap aktivitas belajar fisika siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 2 Genteng. Untuk menguji hipotesis penelitian 2 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test nilai t pada equal variance not assumed adalah 4,008 dengan signifikansi (1- tailed) 0,0005  0,05, sehingga nilai rata-rata hasil belajar fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dengan demikian model PBI disertai metode praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 2 Genteng. Berdasarkan analisis data, secara umum dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Problem Based Instruction dengan metode praktikum dan yang tidak menggunakan pembelajaran Problem Based Instruction dengan metode praktikum kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 2 Genteng. Secara khusus dapat disimpulkan: (1) model pembelajaran Problem Based Instruction dengan metode praktikum berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Genteng; (2) model pembelajaran Problem Based Instruction dengan metode praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Genteng
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13054
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository