PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BILINGUAL MATEMATIKA BERDASARKAN WHOLE BRAIN TEACHING PADA SUB POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI UNTUK SISWA SMP KELAS VII SEMESTER GENAP
Abstract
Hal ini menunjukkan
bahwa perangkat pembelajaran bilingual matematika berdasarkan whole brain
teaching telah memenuhi kriteria kepraktisan dan guru mampu mengelola
pembelajaran dengan baik. Dari hasil uji efektifitas, perangkat pembelajaran
bilingual matematika berdasarkan whole brain teaching telah memenuhi kriteria
keefektifan. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama sampai ketiga
berturut-turut adalah 89%; 93%;93%. Hal ini menunjukkan siswa aktif mengikuti
kegiatan pembelajaran berdasarkan whole brain teaching. Dari analisis tes hasil
belajar diperoleh bahwa 92% (25 siswa dari 27 siswa) siswa mencapai skor lebih dari
67 dengan kategori sedang, tinggi, dan sangat tinggi, hal ini menunjukkan siswa
mampu memahami materi yang disampaikan guru dengan menggunakan metode
whole brain teaching. Dan dari analisis angket respon siswa diperoleh bahwa lebih
dari atau sama dengan 81,5% siswa memberikan respon positif terhadap tiap-tiap
indikator yang ditanyakan dalam angket respon siswa, hal ini berarti siswa setuju
dengan penerapan pembelajaran bilingual matematika berdasarkan whole brain
teaching (WBT). Siswa merasa senang dan berharap bisa diterapkan pada kegiatan
berikutnya. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat pembelajaran yang telah
terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran bilingual matematika berdasarkan
whole brain teaching pada materi persegi panjang dan persegi untuk siswa sekolah
menengah pertama (SMP) kelas VII yang layak dan dapat digunakan oleh guru
tingkat SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika bilingual
berdasarkan whole brain teaching yang terdiri dari RPP, buku guru, buku siswa,
lembar kerja siswa (LKS), dan tes hasil belajar.