• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bilingual Matematika Berbasis RME (Realistic Mathematics Education) Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Rizki Budiarti 1_1.pdf (180.4Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Rizki Budiarti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga manusia dituntut untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional khususnya dibidang matematika. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui penyelenggaraan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) maupun sekolah bertaraf internasional (SBI). Salah satu faktor yang dapat mendukung terlaksananya program tersebut adalah penyusunan perangkat pembelajaran dengan menggunakan dua bahasa (bilingual) oleh tenaga pendidik yang kompeten demi tercapainya tujuan dari program yang dilaksanakan karena di RSBI maupun SBI. Salah satu pendekatan yang dapat mendukung tujuan tersebut adalah pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) karena RME dapat melekatkan siswa dengan kehidupan nyata serta memberi kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, pengembangan perangkat pembelajaran bilingual matematika dilakukan sebagai upaya untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih baik dan hasil belajar siswa maksimal. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran bilingual matematika berbasis RME dan menganalisis proses atau tahapan pengembangannya. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D yang diadaptasi menjadi 4-P. Model 4-P terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Penelitian hanya menjalankan proses pengembangan dari tahap pendefinisian hingga pengembangan. Tahap pendefinisian dilakukan analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap perancangan dilakukan penyusunan tes, pemilihan media dan format pembelajaran, serta perancangan prototipe perangkat pembelajaran. Proses ini menghasilkan empat RPP dan empat LKS, buku siswa dan instrumen tes berupa soal essai yang disebut draf 1. Tahap pengembangan dilakukan penilaian yang dilakukan oleh empat validator yang terdiri dari dosen pendidikan matematika, dosen pendidikan bahasa Inggris, dan guru mitra. Hasil penilaian dan validasi menunjukkan bahwa prototipe perangkat pembelajaran memiliki validitas yang baik dengan rata-rata nilai validasi 0,93; 0,96; 0,93; dan 0,94 berturut-turut untuk RPP, LKS, buku siswa dan instrumen tes. Hasil tersebut digunakan untuk memperbaiki draf 1 dan hasilnya disebut sebagai draf 2. Draf 2, RPP dan LKS dikembangkan kembali menjadi 6 RPP dan 6 LKS, beberapa kalimat dalam perangkat pembelajaran diperbaiki dan penambahan gambar pada perangkat. Uji coba dilakukan sebanyak tujuh kali pertemuan di SMP 3 Jember mulai 15 Maret 2011 hingga 15 April 2011. Pertemuan I hingga pertemuan VI digunakan untuk menerapkan perangkat pembelajaran bilingual matematika (draf2). Hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan dua bahasa berjalan dengan baik untuk setiap kegiatan pembelajaran. Hasil pengamatan aktivitas siswa menunjukkan rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 80,40%. Pertemuan VII digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa menggunakan intrumen tes hasil pengembangan. Hasilnya rata-rata nilai siswa mencapai 88,85 dengan 75 % siswa mendapat nilai ujian ≥ 80, serta penyebaran angket. Hasilnya 17 siswa merespon positif semua indikator dalam angket. Hasil uji coba digunakan untuk memperbaiki draf 2 dan hasilnya disebut sebagai draf 3. Revisi draf 2 dilakukan dengan memperbaiki kalimat dan kata-kata yang salah pada perangkat pembelajaran. Draf 3 merupakan produk perangkat pembelajaran bilingual matematika berbasis RME untuk pokok bahasan kubus dan balok. Berdasarkan hasil pada tahap pengembangan, produk perangkat pembelajaran bilingual matematika memenuhi kriteria pengembangan yang ditetapkan peneliti.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13044
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository