Show simple item record

dc.contributor.authorNaelal Ngiza
dc.date.accessioned2013-12-27T01:17:43Z
dc.date.available2013-12-27T01:17:43Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210102053
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13042
dc.description.abstractHasil observasi awal di kelas VII E SMP Negeri 3 Silo, ditemukan rendahnya ketuntasan hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil ulangan dari 33 siswa hanya 15% siswa yang mendapat nilai di atas 70; 45,5% siswa yang mendapat nilai 50-70 dan 39,4% siswa yang mendapat nilai dibawah 50. Selain rendahnya ketuntasan hasil belajar fisika ternyata sikap ilmiah siswa dikategorikan kurang sekali. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran menggunakan pendekatan Accelerated Learning melalui metode eksperimen supaya terjadi peningkatan sikap ilmiah dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Silo tahun ajaran 2012/2013. Pendekatan Accelerated Learning melalui metode eksperimen merupakan pendekatan yang implementasinya melalui metode eksperimen sehingga belajar lebih cepat (pemahaman materi dan tahan lama) serta menyenangkan. Adapun tahap-tahap pembelajaran menggunakan pendekatan Accelerated Learning melalui metode eksperimen yaitu sebagai berikut: memotivasi pikiran, memperoleh informasi, menyelidiki makna melalui metode eksperimen, memicu memori, memamerkan apa yang anda ketahui dan merefleksi bagaimana anda belajar. Melalui 6 (enam) tahap tersebut, maka pembelajaran fisika yang dilaksanakan akan sesuai dengan hakikat pembelajaran fisika yaitu dengan adanya produk, proses dan sikap. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VII E SMP Negeri 3 Silo tahun ajaran 2012/2013 yang dimulai tanggal 16-23 November 2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan angket. Data yang didapatkan adalah hasil belajar siswa yang terdiri dari kemampuan kognitif dan psikomotor serta sikap ilmiah siswa yang didapatkan dari angket sikap ilmiah siswa. Wawancara dilakukan kepada siswa baik sebelum maupun sesudah pembelajaran menggunakan pendekatan accelerated learning melalui metode eksperimen. Setelah diadakan penelitian ternyata sikap ilmiah dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa mengalami peningkatan. Dimana persentase sikap ilmiah siswa pada kegiatan pra siklus sebesar 57,58% yang dikategorikan kurang, pada siklus I sebesar 72,07% yang dikategorikan cukup dan pada siklus II sebesar 76,21 yang dikategorikan baik. Ini berarti dari kegiatan pra siklus ke siklus I sikap ilmiah siswa mengalami peningkatan sebesar 14,49% dan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 4,14%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal pada kegiatan pra siklus sebesar 24,24%, pada siklus I 66,67% dan pada siklus II 81,82%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan Accelerated Learning melalui metode eksperimen dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih dapat memahami konsep fisika dalam rangka meningkatkan sikap ilmiah dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102053;
dc.subjectPendekatan Accelerated Learningen_US
dc.titlePeningkatan Sikap Ilmiah dan Ketuntasan Hasil belajar Fisika Menggunakan Pendekatan Accelerated Learning Melalui Metode Eksperimen di Kelas VII E SMP Negeri 3 Silo Tahun Ajaran 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record