Pengembangan Perangkat Evaluasi Pembelajaran Fisika Berbasis Web di SMA (Uji Coba Pada Pokok Bahasan Optika Geometri dan Dinamika Rotasi)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas X dan
XI SMA Negeri 4 Jember, diperoleh informasi bahwa guru sudah melakukan
pembelajaran dengan baik namun kurang memanfaatkan fasilitas Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) yang tersedia di sekolah seperti jaringan wi-fi dan
sarana laboratorium TIK. Pemanfaatan fasilitas TIK masih terbatas pada penampilan
power point dan animasi menggunakan laboratorium multimedia. Evaluasi
pembelajaran yang dilakukan juga masih seperti pada umumnya menggunakan kertas
ujian. Mengacu pada kondisi di atas, maka dilakukan penelitian pengembangan
suatu perangkat evaluasi pembelajaran fisika berbasis web yang dapat digunakan oleh
guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Web yang dimaksud adalah sistem lalu
lintas jaringan antar komputer. Web yang dikembangkan adalah sistem ujian online
yang terkoneksi secara LAN (Local Area Network) menggunakan jaringan antar
komputer yang ada di laboratorium TIK SMA Negeri 4 Jember. Desain website
evaluasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Content Management System
(CMS) e-learning MOODLE sebagai aplikasi pembuat website pembelajaran. Tujuan
penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan perangkat evaluasi
pembelajaran fisika berbasis web yang valid, mendeskripsikan respon siswa dan guru
terhadap perangkat evaluasi pembelajaran fisika berbasis web yang dikembangkan, dan mendeskripsikan validitas dan reliabilitas soal yang digunakan pada penelitian
pengembangan ini.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan perangkat evaluasi pembelajaran berbasis web pada pokok bahasan
optika geometri dan dinamika rotasi di SMA. Pengembangan perangkat evaluasi
pembelajaran fisika menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4D.
Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket.
Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic, tes, dan pemberian
angket. Data yang didapatkan adalah validasi logic, respon siswa, dan analisis butir
soal untuk mengukur validitas dan reliabilitas soal.
Hasil validasi logic untuk kisi-kisi soal kelas X adalah 3,98; perangkat
evaluasi kelas X sebesar 4,01; kisi-kisi soal kelas XI sebesar 4,00; dan perangkat
evaluasi kelas XI sebesar 4,04. Sebesar 81,21% siswa kelas X-6 memberikan rsepon
positif terhadap penggunaan perangkat evaluasi pembelajaran fisika berbasis web,
sedangkan sebesar 95,19% siswa kelas XI IPA 2 memberikan respon positif terhadap
penggunaan perangkat evaluasi pembelajaran fisika berbasis web. Validitas dan
reliabilitas soal kelas X pada pokok bahasan optika geometri didapatkan: soal pilihan
ganda tipe A memiliki 2 soal valid dan 8 soal tidak valid serta dikategorikan tidak
reliabel; soal pilihan ganda tipe B memiliki 5 soal valid dan 5 soal tidak valid serta
dikategorikan tidak reliabel; soal esai memiliki 3 soal valid dan 2 soal tidak valid
serta dikategorikan reliabel rendah. Validitas dan reliabilitas soal kelas XI pada
pokok bahasan dinamika rotasi didapatkan: soal pilihan ganda tipe A memiliki 6 soal
valid dan 4 soal tidak valid serta dikategorikan reliabel sedang; soal pilihan ganda
tipe B memiliki 7 soal valid dan 3 soal tidak valid serta dikategorikan reliabel sedang;
soal esai memiliki 4 soal valid dan 1 soal tidak valid serta dikategorikan reliabel
sangat rendah. Kesimpulan pada penelitian ini antara lain, kualitas perangkat evaluasi
pembelajaran fisika berbasis web dapat dikatakan baik; respon siswa dan guru
terhadap perangkat evaluasi pembelajaran fisika berbasis web adalah positif; dan
Validitas dan reliabilitas soal kelas XI lebih tinggi dibandingkan kelas X.