• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Evaluasi Pembelajaran Fisika Berbasis Web di SMA (Uji Coba Pada Pokok Bahasan Optika Geometri dan Dinamika Rotasi)

    Thumbnail
    View/Open
    Mochammad Maulana Trianggono - 090210102057_1.pdf (169.2Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Mochammad Maulana Trianggono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas X dan XI SMA Negeri 4 Jember, diperoleh informasi bahwa guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik namun kurang memanfaatkan fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang tersedia di sekolah seperti jaringan wi-fi dan sarana laboratorium TIK. Pemanfaatan fasilitas TIK masih terbatas pada penampilan power point dan animasi menggunakan laboratorium multimedia. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan juga masih seperti pada umumnya menggunakan kertas ujian. Mengacu pada kondisi di atas, maka dilakukan penelitian pengembangan suatu perangkat evaluasi pembelajaran fisika berbasis web yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Web yang dimaksud adalah sistem lalu lintas jaringan antar komputer. Web yang dikembangkan adalah sistem ujian online yang terkoneksi secara LAN (Local Area Network) menggunakan jaringan antar komputer yang ada di laboratorium TIK SMA Negeri 4 Jember. Desain website evaluasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Content Management System (CMS) e-learning MOODLE sebagai aplikasi pembuat website pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan perangkat evaluasi pembelajaran fisika berbasis web yang valid, mendeskripsikan respon siswa dan guru terhadap perangkat evaluasi pembelajaran fisika berbasis web yang dikembangkan, dan mendeskripsikan validitas dan reliabilitas soal yang digunakan pada penelitian pengembangan ini. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat evaluasi pembelajaran berbasis web pada pokok bahasan optika geometri dan dinamika rotasi di SMA. Pengembangan perangkat evaluasi pembelajaran fisika menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4D. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic, tes, dan pemberian angket. Data yang didapatkan adalah validasi logic, respon siswa, dan analisis butir soal untuk mengukur validitas dan reliabilitas soal. Hasil validasi logic untuk kisi-kisi soal kelas X adalah 3,98; perangkat evaluasi kelas X sebesar 4,01; kisi-kisi soal kelas XI sebesar 4,00; dan perangkat evaluasi kelas XI sebesar 4,04. Sebesar 81,21% siswa kelas X-6 memberikan rsepon positif terhadap penggunaan perangkat evaluasi pembelajaran fisika berbasis web, sedangkan sebesar 95,19% siswa kelas XI IPA 2 memberikan respon positif terhadap penggunaan perangkat evaluasi pembelajaran fisika berbasis web. Validitas dan reliabilitas soal kelas X pada pokok bahasan optika geometri didapatkan: soal pilihan ganda tipe A memiliki 2 soal valid dan 8 soal tidak valid serta dikategorikan tidak reliabel; soal pilihan ganda tipe B memiliki 5 soal valid dan 5 soal tidak valid serta dikategorikan tidak reliabel; soal esai memiliki 3 soal valid dan 2 soal tidak valid serta dikategorikan reliabel rendah. Validitas dan reliabilitas soal kelas XI pada pokok bahasan dinamika rotasi didapatkan: soal pilihan ganda tipe A memiliki 6 soal valid dan 4 soal tidak valid serta dikategorikan reliabel sedang; soal pilihan ganda tipe B memiliki 7 soal valid dan 3 soal tidak valid serta dikategorikan reliabel sedang; soal esai memiliki 4 soal valid dan 1 soal tidak valid serta dikategorikan reliabel sangat rendah. Kesimpulan pada penelitian ini antara lain, kualitas perangkat evaluasi pembelajaran fisika berbasis web dapat dikatakan baik; respon siswa dan guru terhadap perangkat evaluasi pembelajaran fisika berbasis web adalah positif; dan Validitas dan reliabilitas soal kelas XI lebih tinggi dibandingkan kelas X.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13039
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository