PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEP UTUSAN KONSUMEN MEMBELI PRODUK DARI DUTA NETWORK INDONESIA (DNI) JEMBER
Abstract
Perkembangan teknologi dibidang komunikasi sangat cepat, dapat dibuktikan
dengan
banyaknya perusahaan yang berlomba-lomba memberikan produk yang
memudahkan konsumen berkomunikasi. Berkembangnya teknologi komunikasi
diikuti dengan kebutuhan pulsa yang semakin meningkat. PT. Duta Network
Indonesia salah satu perusahaan yang bergerak jasa pengisian pulsa melalui
handphone pribadi dengan produk chip penghemat pulsa. Produk chip penghemat
pulsa memudahkan konsumen melakukan pengisian pulsa melalui handphone pribadi
tanpa harus pergi ke agen pulsa.
Keputusan pembelian konsumen dapat dipengaruhi
oleh dua faktor yaitu kualitas produk dan pelayanan. Permasalahan dalam penelitian
ini yang pertama
adakah pengaruh yang signifikan dari kualitas produk terhadap
keputusan
konsumen membeli produk chip dari Duta Network Indonesia.
Permasalahan yang kedu
a yaitu adakah pengaruh yang signifikan dari pelayanan
terhadap keputusan
konsumen membeli produk dari Duta Network Indonesia.
Permasalahan yang
ketiga manakah diantara variabel kualitas produk dan pelayanan
yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputus
an konsumen membeli produk
dari Duta Network Indonesia
. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada
tidaknya pengaruh kualitas produk terhadap keputusan konsumen membeli produk
dari Duta Network Indonesia. 2)
mengetahui ada tidaknya pengaruh pelayanan
terhadap keputusan konsumen membeli produk dari Duta Network Indonesia. 3)
mengetahui diantara kualitas produk dan pelayanan yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen membeli produk dari Duta Network
Indonesia. Populasi penelitian
adalah mahasiswa/i pendidikan ekonomi angkatan 2008,
2009 dan 2010
. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 81 sampel dengan
pertimbangan bahwa jumlah tersebut sudah melebihi jumlah sampel minimal dalam
penelitian (n = 30). Variabel yang diteliti adalah kualitas produk (X
),
pelayanan
(X
), dan
keputusan konsumen (Y). Pengumpulan data menggunakan instrumen yang
telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Metode yang digunakan adalah metode
analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Berdasarkan has
il penelitian dan analisis data, diperoleh persamaan regresi
, sehingga terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara kualitas produk dan pelayanan terhadap keputusan konsumen
membeli produk
Duta Network Indonesia. Dari hasil uji F atau simultan diperoleh
F
Y =
-2,308+ 0,230X
hitung
1
+ 0,213X
sebesar 42,525 dan F
tabel
2
+ e
i
sebesar 3,114 maka (42,525
≥ 3,114
) yang berarti
signifikan dan menerima hipotesis alternatif. Hasil pengujian secara parsial
variabel
pemasaran tradisional
diperoleh t
hitung
sebesar 5,163 dan t
sebesar 1,999 dengan
nilai signifikansi (5,163
≥
1,999
), t
hitung
sebesar
5,229 dan t
tabel
sebesar 1,999 untuk
variabel via online dengan nilai signifikansi
(2,619 ≥ 2,023
), hal ini berarti hipotesis
alternatif diterima. Koefisien determinan R2
sebesar 52,2%, sedangkan sisanya
47
,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Besarnya kontribusi atau
sumbangan secara parsial masing
-masing adalah 25,7% untuk variabel kualitas
produk dan 26,3% untuk variabel pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian ini juga
dapat diketahui bahwa variable
pelayanan (X2) merupakan variabel yang dominan
berpengaruh terhadap keputusan konsumen (Y).