PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN SISWA KELAS X DAN KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER
Abstract
Pada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi kepuasan siswa diantaranya
yaitu kualitas pelayanan jasa pendidikan yang disediakan oleh sekolah. Adanya
kualitas pelayanan jasa pendidikan (terdiri dari kehandalan, daya tanggap, jaminan,
kepedulian, dan bukti fisik) yang baik, lengkap dan bermutu, maka dapat memberikan
rasa puas kepada siswa. Seorang siswa akan merasa puas jika sekolah tempat mereka
menuntut ilmu dapat memberikan kualitas pelayanan jasa pendidikan yang sesuai
dengan harapan siswa, begitu juga pada SMA Muhammadiyah 3 Jember. Seorang
siswa yang merasa puas dengan kualitas pelayanan jasa pendidikan tempat mereka
menuntut ilmu, maka dapat ditunjukkan dengan sikap merekomendasikan dengan
orang lain, adanya sikap loyalitas, memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap
sekolah, serta merasa senang menjadi siswa di SMA Muhammadiyah 3 Jember
tersebut.Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan
jasa pendidikan yang terdiri atas Reliability (kehandalan), Responsiviniss (daya
tanggap), Assurance (jaminan), kepedulian (empati), dan Tangibel (bukti fisik)
terhadap kepuasan siswa kelas X dan kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Jember. Serta
untuk mengetahui variabel Assurance (jaminan) yang memiliki pengaruh dominan
terhadap kepuasan siswa X dan kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Jember. Adapun
hipotesis yang diajukan yaitu, diduga kualitas pelayanan jasa yang terdiri atas
Reliability (kehandalan), Responsiviniss (daya tanggap), Assurance (jaminan), empati
(kepedulian), dan Tangibel (bukti fisik) mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap kepuasan siswa kelas X dan kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Jember. Serta diduga variabel Assurance (jaminan) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap
kepuasan siswa kelas X dan kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive, sedangkan untuk
menentukan responden penelitian menggunakan metode purposive. Untuk
menentukan jumlah responden menggunakan metode stratified proporsional random
sampling yaitu sebanyak 89 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri
dari metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang akan
digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial (yang terdiri: analisis regresi liner
berganda, analisis varian garis regresi, uji F, uji t, dan efektivitas garis
regresi/koefisien determinasi).Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan jasa berpengaruh
terhadap kepuasan siswa kelas X dan XI SMA Muhammadiyah 3 Jember. Hasil
pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F menghasilkan F
(88,608)
> F
(2,324) dengan tingkat taraf signifikan α = 0.05 > 0.000 dan koefisien
determinasi (R
tabel
) sebesar 84,2% yang berarti bahwa variabel lain yang tidak diteliti
yang mempengaruhi kepuasan siswa sebesar 15,8% yaitu biaya, promosi, lokasi, dan
sebagainya. Adapun variabel yang dominan dari kualitas pelayanan jasa (yang terdiri
dari kehandalan, daya tanggap, jaminan, kepedulian, dan bukti fisik) terhadap
kepuasan siswa yaitu variabel jaminan sebesar 24,721%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan jasa
pendidikan (meliputi kehandalan, daya tanggap, jaminan, kepedulian, dan bukti fisik)
memberikan kontribusi yang positif terhadap kepuasan siswa. Hal ini dikarenakan
segala bentuk kualitas pelayanan jasa pendidikan yang disediakan oleh SMA
Muhammadiyah 3 Jember dapat memberikan rasa nyaman dan senang, sehingga
siswa akan merasa puas dengan segala kualitas pelayanan jasa yang di sediakan di
SMA Muhammadiyah 3 Jember tersebut.