PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RUMAH MAKAN RAWON NGULING PROBOLINGGO
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap
kepuasan konsumen rumah makan Rawon Nguling Probolinggo secara simultan
dan parsial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatory Populasi
penelitian ini adalah konsumen rumah makan Rawon Nguling di Kecamatan
Ngulimg Kabupaten Probolinggo. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 105
responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas
dan regresi logistik. Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi,
tempat, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh secara simultan terhadap
kepuasan konsumen pada rumah makan Rawon Nguling . Variabel produk rumah
makan Rawon Nguling berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen.Variabel harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan
konsumen.Variabel promosi rumah makan Rawon Nguling tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel tempat tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen.Variabel orang tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen.Variabel proses tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel bukti fisik tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen.Kesimpulan penelitian ini adalah hanya
variabel produk dan harga yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen.