ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK RAKYAT INDONESIA, TBKUNIT TEMPUREJO
Abstract
Semakin ketatnya persaingan bank saat ini, diperlukan loyalitas nasabah
guna dapat bertahan, karena nasabah yang loyal akan setia dan menjadi partner
dalam memasarkan produk. Untuk dapat membangun loyalitas diperlukan
kepuasan dan kepercayaan pada nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pada nasabah PT. Bank
Rakyat Indonesia (BRI), Tbk Unit Tempurejo. Dalam penelitian ini terdapat tiga
hipotesis, yaitu kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas, kepercayaan
berpengaruh terhadap loyalitas, kepuasan dan kepercayaan berpengaruh secara
simultan terhadap. Penelitian ini menggunakan Non Probability Sampilng dengan
teknik Purpusive Sampling, didapat 100 orang responden dilakukan pada bulan
Januari dan Februari 2013.
Analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda Confirmatory.
Setelah terbukti valid dan reliabel serta uji kelayakan model yang telah terbukti
baik. Maka dilakukan uji regresi confirmatory dengan signifikansi <0,5. Dari hasil
uji membuktikan bahwa ketiga hipotesis dapat diterima dengan positif dan
signifikan. Dengan demikian maka diperlukan kepuasan dan kepercayaan dalam
membangun loyalitas, karena semakin besar kepuasan dan kepercayaan maka
akan semakin besar loyalitas.