dc.description.abstract | Peluncuran Kawasaki Ninja 4-tak mendapat respons positif di pasar Indonesia
umumnya dan Jember khususnya sehingga konsumen rela untuk menunggu kapan
bisa membeli sepeda motor yang mereka inginkan ini.Semakin banyaknya jumlah
dan jenis sepeda motor sport yang beredar dipasar, membuat tiap perusahaan
sepeda motor harus mampu menghadapi dan memenangkan persaingan dengan
menerapkan strategi-strategi pemasaran. Sehingga perusahaan dapat mengetahui
positioning Kawasaki Ninja 4-tak berdasarkan keinginan konsumen sehingga
diharapkan perusahaan dapat melayani konsumen lebih baik lagi dan dapat
memperbaiki posisi kompetitif perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah
menganalisis peta positioning Kawasaki Ninja 4-tak berdasarkan persepsi pasar
sasaran dengan menilai kemiripan atribut determinan harga beli, pilihan warna,
mesin, desain body, merk, ketersediaan sparepart, keiritan bahan bakar, harga jual
second dan daya tahan mesin.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik. Populasi dalam
penelitian ini adalah konsumen sepeda motor Kawasaki Ninja 4-tak dan
mengetahui atribut produk pesaing serta berdomisili di Kota Jember yang meliputi
tiga kecamatan yaitu, Kecamatan Patrang, Kecamatan Sumbersari dan Kecamatan
Kaliwates. Jumlah sampel 45 orang.
Hasil penelitian menunjukkan posisi nilai produk bisa berubah sejalan
dengan persepsi konsumen, perubahan preferensi dan strategi pesaing. Atribut
harga beli Kawazaki Ninja 4-taft, Suzuki Thunder, Bajaj Pulsar letaknya
berjauhan, sehingga ketiga sepeda motor sport tersebut memiliki perbedaan satu
sama lain. Kawazaki Ninja 4-taft dan Yamaha V-xion letaknya berdekatan. | en_US |