VARIABEL IKLAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO J YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI WILAYAH PERKOTAAN JEMBER
Abstract
Secara umum, penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis pengaruh atribut iklan (Isi pesan, Struktur pesan, Format
pesan dan Sumber pesan) terhadap keputusan pembelian konsumen di wilayah
perkotaan Kabupaten Jember terhadap sepeda motor Yamaha Mio J. Penelitian ini
menggunakan metode survey yang penyelidikannya dilakukan untuk memperoleh
fakta dari gejala yang ada dan mencari keterangan secara factual, dimana
informasi dikumpulkan dari jawaban responden yang dijadikan objek penelitian
dengan memberikan kuisioner. Metode analisis data menggunakan analisis faktor
regrgesi confirmatory. Populasi penelitian ini adalah konsumen di wilayah
perkotaan Kabupaten Jember yang membeli sepeda motor Yamaha Mio J.
Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling.
Adapun yang menjadi sampel adalah konsumen yang membeli sepeda motor
Yamaha Mio J di wilayah perkotaan Kabupaten Jember. Jumlah sampel dalam
penelitian ini dengan menggunakan regresi dengan pendekatan Konfirmatori yang
dimana jumlah sampel minimal yaitu 100 responden (Dimyati, 2009:38). Diambil
jumlah sampel minimal agar mempermudah menganalisis data. Berdasarkan
analisis yang telah dilakukan pada penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan
bahwa variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada
sepeda motor Yamaha Mio J.