PENGARUH DIMENSI VARIABEL KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN LINGGARJATI BARU DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh dari dimensi kualitas layanan, yang terdiri dari bukti fisik, keandalan,
daya tanggap, jaminan dan empati yang terhadap kepuasan konsumen dan
loyalitas konsumen, serta untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan
konsumen terhadap loyalitas konsumen pada Linggarjati Baru di Kota Jember.
Rancangan penelitian yang digunakan yaitu explanatory reaseach dan juga
termasuk dalam confirmatory research.Jumlah sampel yang digunakan yaitu
sebanyak 35 responden.Alat analisis yangdigunakan yaitu analisis jalur(path
analysis) dan dengan menggunakan program software SPSS ver. 17for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama, bukti fisik
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan sebesar 17,1%. Hipotesis kedua,
keandalan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan sebesar 6,5%. Hipotesis
ketiga, daya tanggap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan sebesar 14,4%.
Hipotesis keempat, jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan sebesar
12%. Hipotesis kelima, empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan sebesar
10,7%. Hipotesis keenam, bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
sebesar 11,8%. Hipotesis ketujuh, keandalan berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas sebesar 7,6%. Hipotesis kedelapan, daya tanggap berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas sebesar 16,7%. Hipotesis kesembilan, jaminan berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas sebesar 12,8%. Hipotesis kesepuluh, empati
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas sebesar 11,6%. Hipotesis kesebelas,
kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas sebesar 35,9%.