dc.description.abstract | Penelit ian ini berjudul “ Analisis Brand Loyalty Pada Kartu Seluler Merek As
di Kalangan Pelajar SMAN 2 Genten Kabupaten Banyuwangi “. Penelit ian ini
bertujuan untuk menganalisis loyalitas merek pada konsumen khususnya pada pelajar
SMAN 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi pengguna kartu seluler merek As, hal ini
dimaksudkan untuk mengetahui ukuran keterkaitan pelanggan kepada sebuah merek
yang mampu memberikan gambaran tentang mungkin tidaknya seorang pelanggan
beralih ke merek produk lain, terutama jika pada merek tersebut didapati adanya
perubahan baik menyangkut tarif atau pun atribut yang lain. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dan metode pengumpulanya menggunakan informasi yang
didapatkan berasal dari responden dengan menggunakan kuesioner. Responden
dalam penelitian ini sebanyak 60 orang dengan menggunakan tehnik purposive
sampling. Alat analisis yang digunakan adalah alat analisis pengujian instrumen yaitu
Person Product Moment dan uji reliabilitas Cronbach alpha. Metode analisis data
yang digunakan adalah rata-rata, standar deviasi, brand swiching pattern matrix, dan
piramida brand loyalty. Hasil dari perhitungan yang didapat dari kartu seluler merek
As, pada tingkat liking the brand yaitu sebesar 68,33%, satisfied buyer 50,00%,
habitual buyer 45,00% sedangkan ditingkat terendah switcher sebesar 28,33% dan
committed buyer sebesar 46,67%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik
konsumen kartu seluler merek As terkonsentrasi pada tingkat liking the brand. Hal
ini kartu seluler merek As menunjukkan tingkat loyalitas merek yang kuat didukung
dengan jumlah committed buyer lebih besar dari pada jumlah switcher. | en_US |