| dc.description.abstract | Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, penggunaan media
digital dalam dunia pendidikan semakin menjadi hal yang penting khususnya dalam
konteks pembelajaran daring yang memungkinkan warga belajar untuk tetap
mengakses pembelajaran meskipun terhambat oleh kendala jarak, waktu, atau
keterbatasan fisik lainnya. Pembelajaran daring memungkinkan lebih banyak warga
belajar terjangkau dengan fleksibilitas waktu dan tempat. Penelitian ini
merumuskan masalah dengan fokus mengenai pemanfaatan media digital dalam
pembelajaran daring program kesetaraan Paket C di PKBM Asy-Syarwani
Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran serta
menggali aspek-aspek pemanfaatan penggunaan Google Form, WhatsApp, dan
Power Point dalam pembelajaran daring, seperti relevansi media, kemampuan tutor
dalam menggunakan media, kemudahan penggunaan, ketersediaan sarana dan
prasarana, serta kebermanfaatan media. Penelitian ini diharapkan memberikan
manfaat pengetahuan dan referensi bagi akademisi dan praktisi Pendidikan Luar
Sekolah terkait pemanfaatan media digital dalam pembelajaran daring serta hasil
penelitian dapat menjadi acuan bagi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah dalam
mengembangkan program pembelajaran, dan bahan evaluasi bagi PKBM AsySyarwani dalam pembelajaran daring Paket C. Selain itu, penelitian ini juga dapat
menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya di bidang yang sama. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah deskriptif
kualitatif, yang bertujuan untuk menganalisis secara mendalam bagaimana
penggunaan media digital diterapkan dalam pembelajaran daring untuk program
kesetaraan Paket C di PKBM Asy-Syarwani. Penelitian ini berfokus pada
pemahaman tentang proses dan manfaat penggunaan platform digital dalam pembelajaran dan keterlibatan warga belajar. Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan warga belajar serta tutor yang
terlibat dalam pembelajaran daring. Subjek penelitian ini adalah warga belajar yang
mengikuti program kesetaraan Paket C serta tutor dan pengelola yang memberikan
wawasan dalam menggunakan Google Form dan Power Point sebagai media
pembelajaran serta WhatsApp sebagai sarana komunikasi.
Hasil dari penelitian ini pada pembelajaran daring di PKBM Asy-Syarwani
sudah efektif dengan pemilihan media yang tepat seperti Google Form, WhatsApp,
dan PowerPoint yang mendukung relevansi media dengan tujuan pembelajaran.
Tutor yang menguasai teknologi memungkinkan pembelajaran lebih interaktif dan
relevan, sementara aksesibilitas dan dukungan teknis yang memadai dapat
memperlancar dalam penggunaan media digital. Media ini juga meningkatkan
pencapaian akademik dan keterlibatan warga belajar. Perencanaan yang terstruktur,
proses pembelajaran yang efektif, serta evaluasi melalui Ujian Akhir Semester
(UAS) membantu meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kesimpulan dari pemaparan diatas yaitu pembelajaran daring menggunakan
media digital seperti Google Form, WhatsApp, dan PowerPoint sudah relevan
dalam pendidikan, termasuk pada Program Kesetaraan Paket C di PKBM AsySyarwani. Dengan fleksibilitas waktu dan tempat, media ini memungkinkan
pembelajaran tetap berlangsung meski ada kendala jarak atau keterbatasan fisik.
Penelitian menunjukkan bahwa pemilihan media yang tepat, penguasaan teknologi
oleh tutor, serta dukungan sarana yang memadai mampu meningkatkan efektivitas
pembelajaran, keterlibatan warga belajar, dan hasil akademik. Evaluasi melalui
UAS dan perencanaan pembelajaran yang terstruktur juga mendukung peningkatan
kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan untuk meningkatkan
kemampuan teknologi bagi tutor serta serta melakukan evaluasi berkelanjutan
terhadap efektivitas media digital agar tetap relevan dengan kebutuhan warga
belajar. | en_US |