| dc.contributor.author | NIHAYATI, Novinda | |
| dc.date.accessioned | 2025-11-20T01:21:09Z | |
| dc.date.available | 2025-11-20T01:21:09Z | |
| dc.date.issued | 2006-07 | |
| dc.identifier.nim | 022110101066 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128663 | |
| dc.description | Finalisasi oleh Ardi pada tanggal 20 Nopember 2025 | en_US |
| dc.description.abstract | Adanya ketidakpuasan pasien rawat jalan di puskesmas Sumbersari dan
teijadinya penurunan jumlah kunjungan kasus baru di unit rawat jalan selama
tahun 2003-2005, melatar belakangi dilakukannya penelitian ini. Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara faktor karakteristik pasien yang
terdiri dari umur, jenis kelamin, pendidikan, pengalaman, pekeijaan dan suku
bangsa dengan tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan rawat jalan di
puskesmas Sumbersari.
Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan menggunakan
pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada bulan juni 2006, dengan
populasi seluruh pasien rawat jalan yang memiliki kriteria tertentu dan diperoleh
sampel sebanyak 96 pasien. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel
kebetulan atau accidental sampling. Data primer yang diperoleh dari lembar
kuisioner disajikan dalam bentuk tabulasi silang kemudian dianalisis
menggunakan uji statistik regresi logistik berganda dengan tingkat kepercayaan
95%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara usia (p = 0,775); jenis
kelamin (p = 0,979); pendidikan (p = 0,169); pengalaman (p = 0,723); pekerjaan
(p = 0, 534) dan suku bangsa (p = 0,661), dengan tingkat kepuasan pasien
terhadap mutu pelayanan rawat jalan di puskesmas.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara variabel usia,
jenis kelamin, pendidikan, pengalaman, pekeijaan dan suku bangsa dengan tingkat
kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan rawat inap di puskesmas Sumbersari
kabupaten Jember. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Drs. Thohirun M S , MA selaku Dosen Pembimbing I
Nuryadi S.K M , M K es. sebagai dosen Pembimbing II | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Kesehatan Masyarakat | en_US |
| dc.subject | KEPUASAN PASIEN | en_US |
| dc.subject | MUTU PELAYANAN | en_US |
| dc.subject | KARAKTERISTIK PASIEN | en_US |
| dc.title | Hubungan Karakteristik Pasien dengan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Kesehatan Masyarakat | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Thohinin, MS, MA | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Nuryadi, S.KM, M.Kes | en_US |
| dc.identifier.validator | Hasyim | en_US |
| dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |