| dc.contributor.advisor | | |
| dc.contributor.advisor | | |
| dc.contributor.author | ANWARUDDIN, Lilik | |
| dc.date.accessioned | 2025-11-16T22:56:24Z | |
| dc.date.available | 2025-11-16T22:56:24Z | |
| dc.date.issued | 2006-05-15 | |
| dc.identifier.nim | 020810201082 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128626 | |
| dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 17 Nopember 2025 | en_US |
| dc.description.abstract | Data yang digunakan adalah data sekunder yang merupakan data historis
dari tahun 2001-2005. Data digunakan dalam perencanaan labanya dilakukan
melalui peramalan penjualan dengan metode last square, rencana jumlah produksi
dengan Inventory Turn Over lalu dihitung melalui regresi dengan metode kuadrat
terkecil, pemisahan biaya semi variable melalui regresi dengan metode kuadrat
terkecil, pemisahan biaya bersama melalui nila jual relatif dan hasil kesemuanya
itu dimasukkan dalam perhitungan (Laba-rugi) R/L yang menjadi perencanaan.
Konsentrasi penjualan produk dengan mengambil empat parameter yang
mempengaruhi laba-rugi yaitu BEP {Break Event Point), M/S {Margin O f Safety),
RPM {Ratio Pendapatan Marginal), dan DOL {Degree o f Operating Laverage)
dengan diberikan bobot dan rating lalu diklasifikasikan berdasar lima kriteria
( Kondisi Tidak Menarik, Kondisi Kurang Menarik, Kondisi Cukup Menarik,
Kondisi Menarik, dan Kondisi Sangat Menarik).
Hasil analisis menunjukkan bahwa besar laba yang diperoleh Produk
Ikhram Polos dengan besar Contribusi Margin = Rp 404.965.445 dan Laba Bersih
= Rp 243.985.647, Produk Handuk Polos dengan besar Contribusi Margin = Rp
43.748.419 dan Laba Bersih = Rp 9.865.935, Produk Waslap dengan besar
Contribusi Margin = Rp 34.681.234 dan Laba Bersih = Rp 17.861.382. Dalam
pengkonsentrasian produknya menunjukkan bahwa besar Produk Ikhram Polos,
dengan Nilai Tertimbang 3,8 memiliki (Kondisi M enarik), Produk Handuk Polos,
dengan Nilai Tertimbang 3.8 memiliki ( Kondisi Menarik ), Produk Waslap,
dengan Nilai Tertimbang 3.2 memilki ( Kondisi Menarik ).Kesimpulan dari perhitungan yang telah dilakukan adalah bahwa produk
Ikhram Polos memiliki kondisi sangat menarik dengan besar nilai tertimbang
sebesar 4.3 sehingga memiliki kesempatan menghasilkan besar laba yang lebih
baik maka dapat diutamakan untuk dikonsentrasikan penjualannya. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing I Dra. Diah Yulisetiarini. M si.
Pembimbing II Deasv Wulandari. SE. Msi. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Ekonomi dan Bisnis | en_US |
| dc.subject | KONSENTRASI PENJUALAN | en_US |
| dc.subject | PERENCANAAN LABA | en_US |
| dc.subject | PT. SEMPULUR PRATAMA KLATEN | en_US |
| dc.title | Analisis Perencanaan Laba dalam Upaya Penentuan Konsentrasi Penjualan pada PT. Sempulur Pratama Klaten | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Manajemen | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Dra. Diah Yulisetiarini. M si. | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Deasv Wulandari. SE. Msi. | en_US |
| dc.identifier.validator | Hasyim | en_US |
| dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |