Show simple item record

dc.contributor.authorBALKIS, Nadia Noviandra
dc.date.accessioned2025-10-30T07:47:20Z
dc.date.available2025-10-30T07:47:20Z
dc.date.issued2025-02-21
dc.identifier.nim210210101084en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128523
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 30 Oktober 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Brain-Based Learning (BBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Experimental dengan desain non-equivalent (pretest-posttest) control group design. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Bondowoso, dengan kelas eksperimen menggunakan model BBL, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional metode ceramah. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest berupa soal uraian yang sudah terintegrasi dengan indikator kemampuan berpikir kritis menurut Robert Ennis, yakni focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview. Berdasarkan hasil uji Paired Sample T-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model BBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (88,4) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (75,12) yang kemudian dibuktikan dari hasil uji Independent Sample T-test sehingga dapat disimpulkan bahwasanya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara siswa di kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil ini mengindikasikan bahwa model BBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran yang melibatkan aktivitas aktif, eksplorasi, dan integrasi pengetahuan secara bermakna. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model BBL sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran matematika untuk mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd. DPA: Inge Wiliandani Setya Putri, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBrain-Based Learningen_US
dc.subjectBepikir Kritisen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.titlePengaruh Model Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi PLSVen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Inge Wiliandani Setya Putri, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorRevaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record