| dc.contributor.author | PRADYPTA, Bagas |  | 
| dc.date.accessioned | 2025-10-30T06:12:28Z |  | 
| dc.date.available | 2025-10-30T06:12:28Z |  | 
| dc.date.issued | 2025-05-19 |  | 
| dc.identifier.nim | 190210303036 | en_US | 
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128516 |  | 
| dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 30 Oktober 2025_Kurnadi | en_US | 
| dc.description.abstract | Dalam proses pembelajaran yang kurang intreraktif dapat menyebabkan suatu 
pembelajaran yang tidak efektif sehingga menyebabkan kurangnya minat belajar 
peserta didik. Oleh kaena itu, perlunya metode pengajaran yang mendukung 
pengajaran yang lebih interaktif. Maksud dari penelitian ini adalah mengkaji 
pengaruh dari meode observasi lapangan terhadap keterampilan berpikir geografi dan 
hasil belajar siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen 
melalui pengggunaan nilai post-test sebagai tolak ukur keterampilan berpikir geografi 
dan hasil belajar siswa. Hasil test keterampilan berpikir geografi yang diperoleh di 
kelas kontrol rata-rata yang didapatkan sebesar 77,67 dan untuk kelas eksperimen 
sebesar 79,44. Rata-rata persentase postest dari hasil belajar siswa menunjukkan rata-
rata kelas kontrol sebesar 76,93 serta pada kelas eksperimen sebesar 95,47. Berdasar 
uji hipotesis dari perhitungan uji-t pada keterampilan berpikir geografi, nilai 
signifikan yang didapat yaitu 0,076 yang artinya diatas 0,05. Sedangkan nilai 
signifikan yang diperoleh dari hasil belajar siswa sebesar 0,000 yang artinya dibawah 
0,05. Kesimpulan penelitian menunjukkan adanya pengaruh pada penggunaan metode 
pembelajaran observasi lapangan terhadap keterampilan berkomunikasi dan hasil 
belajar siswa hasil belajar siswa SMA/MA | en_US | 
| dc.description.sponsorship | DPU: Prof. Dr. Sri Astutik. M.Si.
DPA: Era Iswara Pangastuti, S.Pd., M.Sc. | en_US | 
| dc.language.iso | other | en_US | 
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US | 
| dc.subject | Hasil belajar siswa | en_US | 
| dc.subject | Keterampilan berpikir geografi | en_US | 
| dc.subject | Metode observasi lapangan | en_US | 
| dc.title | Pengaruh Metode Observasi Lapangan Terhadap  Keterampilan Berpikir Geografi dan Hasil Belajar Siswa | en_US | 
| dc.type | Skripsi | en_US | 
| dc.identifier.prodi | Pendidikan Geografi | en_US | 
| dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Sri Astutik. M.Si. | en_US | 
| dc.identifier.pembimbing2 | Era Iswara Pangastuti, S.Pd., M.Sc. | en_US | 
| dc.identifier.validator | Reva | en_US |