| dc.contributor.author | OKTAVI, Lisca Dwi | |
| dc.date.accessioned | 2025-10-08T02:35:25Z | |
| dc.date.available | 2025-10-08T02:35:25Z | |
| dc.date.issued | 2024-07-23 | |
| dc.identifier.nim | 200210301042 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128302 | |
| dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 8 Oktober 2025_Kurnadi | en_US |
| dc.description.abstract | Di negara Indonesia pembelajaran menjadi satu komponen terpenting dalam
melakukan peningkatan SDM. Dalam setiap tahunnya banyak peserta didik yang sudah
melakukan penyelesaian pembelajarannya yakni baik pada pembelajaran negeri ataupun
swasta. Kemudian hal ini bisa memberikan peningkatan kualitas terhadap SDM di Negara
Indonesia ataupun bisa memberi dampak secara positif untuk perekonomian negara
Indonesia. Tetapi kenyataannya masih sangat banyak tingkat pengangguran yang ada di
Di Indonesia sebab terdapat lowongan pekerjaan pun tidak bisa mencakup dari calon
pekerja yang disetiap tahunnya bertambah tinggi angkanya. Pada usaha mengatasi
pengangguran, melalui penerapan Pembelajaran kewirausahaan di sekolah, siswa dapat
memahami konsep dasar bisnis, mengembangkan keterampilan kewirausahaan, dan
menyiapkan peserta didik untuk menghadapi dunia bisnis yang kompleks dapat menjadi
pemicu siswa memiliki minat berwirausaha.
Media sosial memberikan kemudahan kepada individu-individu untuk dapat
berinteraksi di dunia maya dan saling berbagi ide serta pemikiran tanpa dibatasi oleh
wilayah dan waktu. Dilansir dari data.tempo.co (2021) yang bersumber dari JakPat
bahwa platform media sosial paling populer di Indonesia terdiri atas facebook, twitter,
tiktok, Instagram dan youtube. Kelebihan media sosial selain dapat diakses dimana saja
dan kapan saja, beberapa media sosial juga tidak menarik biaya dalam penggunaannya
atau gratis dan dapat dijadikan tempat jual beli hanya dengan mengandalkan kuota
internet.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Pembelajaran
Kewirausahaan dan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha.Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dan merupakan penelitian survey. Metode penentuan lokasi
penelitian ini menggunakan metode purposive sampling area. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Jember dan mengambil sampel sebanyak 78 responden
dengan mengikuti pembelajaran kewirausahaan. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik simple random sampling. Uji instrument penelitian menggunakan
uji validitas dengan korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan cronbach’s
alpha. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis
menggunakan uji t untuk melihat pengaruh secara parsial dan uji f digunakan untuk
melihat pengaruh secara simultan. Hasil analisis yang diperoleh menunjukan bahwa
pembelajaran kewirausahaan dan media sosial terhadap minat berwirausaha secara
simultan sebesar 86,5% sisanya 13,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Variabel yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap minat berwirausaha adalah
pembelajaran kewirausahaan dengan pengaruh sebesar 56,29%, sedangkan media sosial
berpengaruh sebesar 30,19%. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan | en_US |
| dc.subject | Pembelajaran Kewirausahaan | en_US |
| dc.subject | Media Sosial | en_US |
| dc.subject | Minat Berwirausaha | en_US |
| dc.title | Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Jember) | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Prodi Ekonomi | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Retna Ngesti Sedyati M.P | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Titin Kartini,. S.Pd, M.Pd | en_US |
| dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Oktober 2025 | en_US |