Show simple item record

dc.contributor.authorWASKITO, Pramudya Catur
dc.date.accessioned2025-09-17T01:45:58Z
dc.date.available2025-09-17T01:45:58Z
dc.date.issued2023-08-11
dc.identifier.nim181810101084en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128165
dc.descriptionValidasi_firli_11_september_25; Finalisasi oleh Taufik Tgl 17 September 2025en_US
dc.description.abstractIndonesia merupakan salah satu pendorong utama bagi perkembangan industri e-sports di Asia Tenggara. Berdasarkan data dari Newzoo, 44% pemain di Asia Tenggara memainkan Mobile Legends Bang Bang. Pada permainan Mobile Legends, role merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai kemenangan. Penentuan role pada permainan ini ditentukan dengan adanya klasifikasi ketrampilan pemain. Penentuan role cukup sulit dilakukan karena adanya kemiripan gameplay pada setiap pemain. Dalam penelitian ini, digunakan metode fuzzy Mamdani yang merupakan suatu metode yang digunakan untuk menarik sebuah kesimpulan dari permasalahan yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini merupakan penerapan metode fuzzy Mamdani terhadap role pada permainan Mobile Legends. Data yang digunakan merupakan rekam jejak setiap pemain yang bersifat numeris dan diperoleh dari penyeleksian di ESI Kota Kediri yang digunakan untuk mengikuti kompetisi Kapolda Jatim Cup dan Kejurprov. Data tersebut meliputi Winrate, Highest Rank dan Kill Death Assist sebagai variabel dalam mengidentifikasi kelayakan seorang atlet pada role Jungler. Metode fuzzy Mamdani terdiri dari empat tahapan yaitu fuzzyfikasi, aplikasi fungsi implikasi, komposisi aturan dan defuzzyfikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa hasil dari 30 data yang telah diuji coba menunjukkan 26 data bernilai benar dan 4 data bernilai salah. Hasil pengujian tersebut menghasilkan akurasi sistem fuzzy sebesar 86,67%.en_US
dc.description.sponsorshipAbduh Riski, S.Si., M.Si. Dr. Agustina Pradjaningsih, S.Si., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alamen_US
dc.subjectLOGIKA FUZZYen_US
dc.subjectMETODE MAMDANIen_US
dc.subjectELECTRONIC SPORTSen_US
dc.subjectMOBILE LEGENDSen_US
dc.titlePenerapan Sistem Inferensi Fuzzy Mamdani untuk Menentukan Role Atlet E-sports Divisi Mobile Legends Bang-Bangen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiMatematikaen_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_11_september_25en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record