Show simple item record

dc.contributor.authorMARICE, Ika Elis
dc.date.accessioned2025-09-03T06:54:54Z
dc.date.available2025-09-03T06:54:54Z
dc.date.issued2025-07-08
dc.date.submitted
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128071
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl. 3 September 2025en_US
dc.description.abstractPendidikan di Indonesia saat ini membutuhkan pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan perkembangan psikologis siswa seperti pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Pendekatan tersebut merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan keragaman budaya siswa. Karakteristik siswa dibentuk melaui interaksi mereka dengan lingkungan, termasuk lingkungan belajar. Karakter berbasis nilai – nilai Profil Pelajar Pancasila seperti toleransi, gotong royong, kemandirian, berpikir kritis dan rasa cinta tanah air sangat sesuai dengan kehidupan siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan 3 (tiga) dimensi Profil Pelajar Pancasila yakni beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinnekaan global dan bergotong royong. Penerapannya disesuaikan dengan populasi penelitian yakni pada fase A siswa sekolah dasar. Hal tersebut mengacu pada salah satu tantangan utama di sekolah dasar yaitu berkurangnya karakter siswa, seperti hilangnya sikap saling menghargai, menghormati dan rendahnya kepedulian sosial terhadap teman. Sikap sosial siswa merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan yang berpengaruh terhadap interaksi sosial dan perkembangan karakter. Rumusan masalah penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan Culturally Responsive Teaching dan karakter Profil Pelajar Pancasila terhadap sikap sosial siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dampak Culturally Responsive Teaching dan karakter Profil Pelajar Pancasila terhadap sikap sosial siswa sekolah dasar. Pendekatan penelitian adalah deskripstif kuantitatif dengan populasi penelitian 105 orang dan sampel penelitian siswa fase A di seluruh sekolah negeri Gugus sekolah 2(dua)Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang sebanyak 42 orang yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penelitian survei. Instrumen penelitian divalidasi ahli dan melalui uji validitas. Analisis data diterapkan dengan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis utama melalui uji regresi sederhana dan analisis jalur. Sajian analisis diuraikan dengan paparan pengaruh pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) (X) terhadap karakter Profil Pelajar Pancasila (Z). menunjukkan memiliki korelasi positif namun rendah (nilai R=0,093;R Square=0,009). Pendekatan Culturally Responsive Teaching (X) terhadap sikap sosial siswa sekolah dasar (Y) menunjukkan korelasi negatif lemah antara pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dan sikap sosial siswa (R=0,047; R Square=0,002) Hasil analisis regresi pengaruh karakter Profil Pelajar Pancasila (Z) terhadap sikap sosial siswa sekolah dasar (Y) menunjukkan bahwa karakter Profil Pelajar Pancasila berpengaruh signifikan terhadap sikap sosial (R=0,789;R Square=0,622) serta p<0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa karakter Profil Pelajar Pancasila berpengaruh langsung dan signifikan terhadap sikap sosial siswa sekolah dasar. Deskripsi pengaruh pendekatan Culturally Responsive Teaching (X) dan karakter Profil Pelajar Pancasila (Z) terhadap sikap sosial (Y) secara bersama-sama memberikan pengaruh signifikan terhadap sikap sosial siswa (R = 0,789; R Square = 0,623; p < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semua variabel pada penelitian ini memiliki pengaruh, terutama pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) yang diikuti dengan pembelajaran karakter Profil Pelajar Pancasila secara tidak langsung memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap sikap sosial siswa sekolah dasar. Pembentukan sikap sosial siswa sekolah dasar lebih efektif melalui penguatan nilai-nilai karakter seperti gotong royong, toleransi, dan kerja sama, sebagaimana tercermin dalam Profil Pelajar Pancasilaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectCULTURALLY RESPONSIVE TEACHINGen_US
dc.subjectPANCASILA STUDENT PROFILE CHARACTERen_US
dc.subjectSOCIAL ATTITUDESen_US
dc.titlePengaruh Pengaruh Pendekatan Culturally Responsive Teaching dan Karakter Profil Pelajar Pancasila Terhadap Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasaren_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMAGISTER PENDIDIKAN DASARen_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record