Show simple item record

dc.contributor.authorANAS SHOFYAN
dc.date.accessioned2013-12-25T03:17:05Z
dc.date.available2013-12-25T03:17:05Z
dc.date.issued2013-12-25
dc.identifier.nimNIM020210101229
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12802
dc.description.abstractPembelajaran partisipatif adalah upaya pendidik melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sehingga akan terjadi aktivitas saling belajar baik antar peserta didik maupun antara peserta didik dengan pendidik. Tujuan dari pembelajaran partisipatif adalah agar siswa lebih aktif dan kreatif dalam mengemukakan gagasannya dalam kegiatan pembelajaran. Metode Game adalah suatu cara yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada warga belajar dengan menggunakan simbol-simbol atau alat-alat komunikasi lainnya. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui temuan apa saja yang diperoleh selama diterapkan pembelajaran partisipatif dengan metode Game, mengetahui aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan operasi hitung pada bilangan bulat. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Kencong. Responden dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII-A semester ganjil SMP Negeri 3 Kencong tahun ajaran 2007/2008. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara dan metode tes, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas siswa selama pembelajaran, hasil wawancara dan hasil tes. Banyak temuan yang diperoleh pada penerapan pembelajaran partisipatif dengan metode game, diantaranya adalah Pada penerapan pembelajaran partisipatif dengan metode game diberlakukan terlebih dahulu dengan pemantapan materi dengan tujuan agar kegiatan permainan berjalan dengan lancar. Hal ini dapat dilihat dari pemantapan materi pada pertemuan ketiga, banyak siswa yang kesulitan dalam menghadapi permasalahan kombinasi. Kesulitan lain yang dialami dalam metode game adalah bagaimana mengembangkan alat permainan agar dalam sub pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat terdapat bermacam-macam permainan. Temuan yang lain adalah adanya kompetisi dan persaingan dalam permainan kartu domino yang telah dimodifikasi sehingga pemain harus membuat strategi dalam mematahkan jalannya lawan, serta temuan lain pada penelitian adalah kecurangan sering terjadi dalam permainan. Hasil penerapan pembelajaran partisipatif dengan metode Game pada sub pokok bahasan operasi bilangan bulat kelas VII-A menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sudah memahami materi yang diajarkan. Hal ini dapat dilihat dari prosentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 88,89% untuk soal pemahaman konsep, untuk soal penalaran dan komunikasi 39 siswa tuntas secara individual sehingga didapat prosentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 86,67% dan untuk soal pemecahan masalah 34 siswa tuntas secara individual sehingga didapat prosentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 75,56%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020210101229;
dc.subjectPembelajaran Partisipatif,metode Game,Operasi Hitungen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DENGAN METODE GAME SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PADA BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII-A SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 3 KENCONG JEMBER TAHUN AJARAN 2007/2008en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record