Efek Penerapan Pembelajaran Yang Menekankan Pada Penilaian Portofolio Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 10 Jember Pada Sub Pokok Bahasan Phytagoras
Abstract
Portofolio merupakan kumpulan hasil karya siswa atau catatan mengenai siswa yang didokumentasikan secara baik dan teratur. Portofolio dalam penelitian ini berisi kumpulan proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
matematika. Pemanfaatan portofolio ini adalah untuk dijadikan sarana refleksi atau introspeksi mengenai kemajuan kemampuan siswa dalam mempelajari matematika dan di jadikan pertimbangan bagi guru dalam menilai pengetahuan, sikap dan kemampuan dalam rangka pemberian nilai matematika.
Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di SMPN 10 Jember selama ini cenderung masih menggunakan penilaian yang hanya didapat dari ulangan harian dan tugas. Menyadari adanya berbagai kelemahan penilaian berbasis paper and pencil, dikembangkanlah sistem penilaian yang lebih komprehensif, dengan mempertimbangkan segala aspek dari siswa, yang dilakukan secara berkala dan berkesinambungan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah efek penerapan pembelajaran yang menekankan pada penilaian portofolio terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Jember pada sub pokok bahasan phytagoras.
Pada kelas kontrol dilakukan pre tes dan post tes serta adanya tugas yang diberikan dari buku paket matematika. Pada kelas eksperimen dilakukan pre tes dan post test
serta adanya tugas harian, LKS I, II, III, IV, dan adanya instrumen tugas. Pada kedua kelas dilakukan pembelajaran yang sama yaitu pembelajaran kontekstual.
Hasil penelitian penilaian portofolio ini dapat dilihat pada kelas eksperimen. Proses penelitian dimulai dengan diadakan pre test pada kelas eksperimen yang mempunyai rerata pre tes 67,52 yang merupakan kemampuan awal sebelum
dilakukan eksperimen. Pada proses selanjutnya dilakukan pengambilan data dengan memberikan LKS I, II, III, IV yang mempunyai rerata 83, 87,29 , 78,03. selain itu juga diberikan beberapa instrumen tugas yang mempunyai rerata instrumen 97,58 , sedangkan pada pekerjaan rumah mempunyai rerata pekerjaan rumah sebesar 82,08, dan pada kegiatan post test yang merupakan kegiatan akhir penelitian mempunyai rerata tes sebesar 88,37.