PENGARUH PEMBERIAN LATIHAN TERSEBAR BERULANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN MENENTUKAN PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 6 JEMBER TAHUN AJARAN 2008/2009
Abstract
Pemberian latihan sangat diperlukan untuk penguatan dan pemantapan atau sebagai aplikasi dari pengertian yang baru saja diajarkan. Pemberian latihan tersebar yang diberikan secara berulang dapat membuat siswa lebih terlatih kemampuannya dalam menyelesaikan latihan. Sehingga siswa dapat memahami konsep matematika yang diberikan dengan menyelesaikan soal-soal latihan yang diberikan.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah pengaruh yang terjadi dari pemberian latihan tersebar berulang terhadap hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan menentukan persamaan garis lurus kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 6 Jember tahun ajaran 2008/2009. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh pemberian latihan tersebar berulang terhadap hasil belajar matematika; hasil mana yang menunjukkan lebih baik antara pemberian latihan tersebar berulang 3 kali dan pemberian latihan tersebar berulang 2 kali. Selain itu, juga bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemberian latihan tersebar berulang terhadap prestasi hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan pola Treatments By Levels Designs, yaitu obyek penelitian diberi perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen I dengan pemberian latihan tersebar berulang 2 kali dan kelas eksperimen II dengan pemberian latihan tersebar berulang 3 kali. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 17 November sampai dengan 25 November 2008, dengan responden penelitian kelas VIIIC dan VIIID. Analisa data yang digunakan yaitu uji homogenitas, uji normalitas, uji t-test, dan anlisa persentase keaktifan siswa.